Kulit Kering hingga Gusi Berdarah, Tanda Anak Kekurangan Vitamin C

Kompas.com - 27/04/2020, 23:21 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Anak-anak membutuhkan 25mg hingga 45mg vitamin C setiap hari, tergantung pada usia mereka. Ketika kebutuhan vitamin pada tubuh anak terpenuhi, maka akan meningkatkan kekebalan tubuh dan mendorong pertumbuhan mereka.

Orangtua harus memastikan bahwa si kecil mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, karena tubuh manusia tidak dapat menghasilkan mikronutrien ini secara endogen (dari dalam tubuh).

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, yaitu nutrisi yang larut dalam air, yang berarti bahwa kelebihan kuantitasnya tidak tinggal di dalam tubuh tetapi terhanyut. Sehingga, anak perlu mengonsumsinya setiap hari.

Baca juga: Tak Hanya Jeruk, Ini 7 Buah dan Sayur Tinggi Vitamin C

Vitamin C tersedia dalam berbagai jenis makanan, karenanya kekurangan vitamin C jarang terjadi.

Namun, hal ini tidak dapat dikesampingkan pada anak-anak yang tidak cukup makan buah dan sayuran. Selain itu, anak-anak yang sering terpapar asap rokok kemungkinan juga kekurangan vitamin C.

Jika Anda khawatir bahwa anak tidak mendapatkan dosis vitamin C yang cukup, periksa adanya gejala defisiensi vitamin C yang mungkin muncul:

1. Luka membutuhkan waktu lama untuk sembuh

2. Kulit kering dan terkelupas

3. Hyperkeratosis (penebalan abnormal pada lapisan luar kulit)

4. Sering kedinginan dan batuk

5. Sering merasa lelah

6. Daya tahan tubuh rendah

7. Peradangan pada gusi

8. Rambut kering dan pecah

9. Gusi berdarah

10. Hidung berdarah

Kekurangan vitamin C yang berkepanjangan dapat menyebabkan penyakit kudis, tetapi ini lebih sering terjadi pada orang dewasa daripada anak-anak.

Baca juga: Perokok Butuh Vitamin C Lebih Tinggi

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X