Kompas.com - 04/05/2020, 10:28 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Anak-anak usia prasekolah atau yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) terkadang lebih pemalu dan butuh banyak bantuan dari gurunya. Namun, jika anak cenderung lengket dengan gurunya, mungkin ada masalah dalam hubungan dengan ibunya.

Demikian menurut kesimpulan tim peneliti dari NYU Steinhardt School of Culture, Education, and Human Development.

“Penelitian kami menunjukkan, guru TK atau preschool punya peran yang besar bagi anak-anak yang punya ketergantungan,” kata ketua peneliti Robin Neuhaus.

Ia mengatakan, anak-anak yang sangat bergantung dengan gurunya itu biasanya punya hubungan yang tidak dekat secara emosional dengan orangtuanya, terutama ibu.

Anak-anak tersebut juga cenderung sangat pemalu, cemas, dan kurang mudah bergaul. Di sinilah peran para guru dibutuhkan.

“Dengan bersikap hangat, suportif, dan mendorong anak-anak untuk berani mengeksplor, para guru TK bisa mengubah mereka, karena anak-anak ini punya kecendrungan akan menghadapi kecemasan di sekolah dasar,” katanya.

Kesimpulan penelitian itu dihasilkan setelah Neuhaus menganalisa data 769 anak dan mempelajari pola kelekatan antara ibu dan anak dari keluarga-keluarga di seluruh Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tim peneliti mengamati bentuk ikatan anak dan ibu pada 36 bulan, 54 bulan, kelas 1, kelas 3 dan kelas 5 sekolah dasar, serta menguji bentuk ketergantungan, kedekatan, konflik, dan perilaku lain antara ibu dan anak, serta anak dengan gurunya.

Baca juga: Si Kecil Susah Tidur? Kenali 3 Jenis Gangguan Tidur pada Anak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.