Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut Selama Bulan Ramadhan

Kompas.com - 04/05/2020, 11:28 WIB
Ilustrasi rambut poni. ShutterstockIlustrasi rambut poni.

KOMPAS.com— Bukan hanya perut dan otak yang kelaparan saat puasa, kulit dan rambut juga sangat membutuhkan nutrisi agar kondisinya tetap sehat dan prima.

Devinder Bains, pelatih pribadi dan pelatih nutrisi di Fit Squad DXB, berbagi kiat kesehatannya untuk mencegah masalah kulit yang biasanya timbul selama puasa Ramadhan, seperti kulit kering, bibir pecah-pecah dan rambut kusam.

Tambah konsumsi vitamin C

Vitamin C merangsang produksi kolagen yang tidak hanya memperkuat rambut tetapi juga membantu pertumbuhannya. Tambahkan asupan paprika merah, buah kiwi, dan jambu biji ke dalam menu dietmu. Kadar  vitamin C pada buah itu lebih tinggi daripada jeruk.

Batasi gula

Selain menambah asupan kalori, ada beberapa akibat dari mengonsumsi gula berlebih yakni membuat kondisi kulit menjadi buruk. Asupan gula berlebih meningkatkan produksi minyak, yang dapat mengeringkan kulit dan membuatnya kusam. Gula juga mengikat dan merusak protein, termasuk kolagen dan elastin, yang dapat menyebabkan kulit kendur dan keriput.

Baca juga: Ayo Jauhi Gula di Masa Pandemi Virus Corona, Mengapa?

Gunakan bahan alami pada kulit

Ingin mengatasi kulit kering tetapi tidak punya waktu atau tak ingin keluar uang untuk mencari pelembab terbaik? Kabar baiknya adalah bahwa itu mungkin sudah ada di lemari dapurmu.

Oleskan minyak biji bunga matahari atau minyak kelapa (hindari minyak zaitun) ke tubuh setelah mandi air panas untuk meningkatkan hidrasi. Menambahkan bubuk oatmeal ke air mandimu juga dianjurkan untuk manfaat anti-inflamasi dan anti-oksidan.

Tingkatkan lemak baik

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X