Makna Psikologis di Balik Nama Anak Perempuan dan Laki-laki

Kompas.com - 07/05/2020, 22:24 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dunia baru saja dibuat heran oleh pasangan Elon Musk dan Grimes yang menamai anak laki-laki mereka dengan nama unik, yakni X Æ A-12 Musk. Bukan hanya berbeda, nama anak CEO SpaceX dan Tesla itu juga sulit diucapkan.

Padahal, lebih dari sebuah panggilan, nama menyimpan nilai-nilai psikologis yang dapat menentukan kepribadian dan masa depan anak kelak. Apa pengaruhnya?

Mungkin saat ini, penamaan anak adalah salah satu keputusan sulit yang harus dipikirkan matang-matang oleh orangtua karena akan berdampak pada anak seumur hidupnya.

Anda tentu ingin memberi nama dengan arti paling bagus dan mencerminkan harapan pada sang anak.

Banyak orangtua menamakan anak mereka berdasarkan saran dari orangtua mereka. Ada juga yang meniru nama tokoh-tokoh dunia yang berpengaruh. Ada juga yang mencari nama anak yang paling unik dan modern. Anda termasuk yang mana?

Baca juga: Arti di Balik Nama Unik Anak Elon Musk dan Grimes

Di balik nama anak perempuan dan laki-laki yang unik dan modern

Sekitar 20 tahun yang lalu, nama Ayu, Reza, atau Putri adalah nama yang umum dan mungkin sudah dianggap paling relevan di masanya. Pelafalannya tak susah, dan memiliki makna yang bagus.

Akan tetapi, nama-nama ini semakin jarang kita jumpai di absen sekolah anak TK atau SD sekarang.

Pasalnya generasi Ayu dan Reza tadi kini sudah jadi orangtua. Sebagai orangtua milenial, banyak yang merasa nama mereka terlalu sederhana.

Tidak sedikit dari mereka yang kemudian menjadi terobsesi untuk menamai anak mereka seunik mungkin, kalau bisa anak mereka adalah satu-satunya yang memiliki nama tersebut.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X