Yang Harus Dilakukan Habis Bertengkar Agar Hubungan Tetap Harmonis

Kompas.com - 11/05/2020, 15:53 WIB
Ilustrasi pasangan kencan shutterstockIlustrasi pasangan kencan

KOMPAS.comPertengkaran memang lumrah terjadi dalam sebuah hubungan, baik itu pertengkaran hebat maupun pertengkaran ringan.

Banyak hal bisa menjadi pemicu, namun banyak hal juga yang akhirnya membuat pasangan memutuskan untuk bertahan dan meredam ego bersama.

Berikut adalah beberapa kiat menurut para ahli, tentang cara memulihkan hubungan setelah pertengkaran.

1. Tenangkan dirimu

Jika kamu tidak dapat mengatur emosi, kamu tidak akan dapat menyelesaikan masalah atau konflik saat masih merasa kesal, jelas Elizabeth Clair de Lune, seorang ahli tentang cinta, hubungan, dan seksualitas.

Bergerak dan menari adalah pilihan yang bagus untuk menghilangkan dan menenangkan syaraf. Kamu juga bisa menenangkan diri lewat meditasi, cobalah bernapas dalam-dalam, melalui hidung dan buang melalui mulut.

2. Renungkan

Akui perasaanmu tanpa berusaha mengubah apa pun. Apakah kamu kesal atau takut sekarang? Apakah kamu kesal atau merasa tidak aman? Biarkan dirimu merasakan emosi itu dan benar-benar mengakuinya.

3. Buat catatan

Catat hal-hal atau kalimat yang berpotensi mengganggu hubunganmu dengan pasangan. Ingatlah bahwa pertengkaran terjadi karena dua belah pihak. Pertimbangkan bahwa mungkin ada bagian dari tindakanmu yang keliru.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X