Presiden Trump dan Masker yang Tak Pernah Dipakainya

Kompas.com - 26/05/2020, 08:24 WIB
. REPRO BIDIK LAYAR VIA @Jordanfabian.

KOMPAS.com - Polah Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang tak pernah mengenakan masker di tengah pandemi Covid-19 yang melanda negaranya, terus mengundang perhatian.

Penjelasan dan pembelaan dari staf yang bekerja di sekitarnya pun terus bermunculan.

Kali ini pembelaan keluar dari Dr. Deborah Birx, selaku koordinator tanggap darurat virus corona di Gedung Putih, Minggu (24/5/2020) waktu setempat. 

Baca juga: Semua Orang Muncul Pakai Masker, kecuali Presiden Donald Trump

Birx menegaskan, temuan ilmiah memang membuktikan bahwa penggunaan masker wajah efektif dalam mencegah penyebaran virus corona.

Namun, dia megasumsikan, Presiden Trump adalah pejabat yang mampu menegakkan aturan untuk selalu menjaga jarak satu sama lain hingga tak kurang dari dua meter.

"Apa yang kami katakan kepada orang-orang tentang penggunaan masker didasari pada bukti ilmiah yang jelas."

"Dari semua eksperimen droplet yang terjadi, dan yang telah dilakukan banyak orang lain, menunjukkan bahwa maseker memang mencegah droplet menginfeksi orang lain," kata Birx dalam siaran "Fox News Sunday".

Baca juga: Masker Wajah Ini Tetap Bisa Dipakai Saat Makan, Minat?

Perempuan itu memberikan penjelasan tersebut saat ditanya tentang apa yang akan dia katakan kepada orang-orang yang mengatakan mereka memiliki hak untuk tidak mengenakan masker di muka umum.

"Untuk menghormati satu sama lain, sebagai manusia yang peduli satu sama lain, kita perlu memakai masker di depan umum, ketika kita tidak bisa menjaga jarak sosial," kata dia.

Birx kemudian ditanya oleh Fox Wallace apakah dia berharap Trump mengenakan masker saat berada di muka umum, baik dari perspektif solidaritas, maupun untuk alasan kesehatan.

Halaman:
Baca tentang


Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X