Bikin Rileks dan Fokus, Apa Saja Manfaat Akar Wangi?

Kompas.com - 26/05/2020, 13:05 WIB
Ilustrasi akar wangi shutterstockIlustrasi akar wangi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sejak lama, akar wangi digunakan sebagai obat tradisional. Utamanya, bagi orang yang bermasalah dengan nyeri perut, keluhan sirkulasi darah, dan juga saraf.

Biasanya akar wangi bisa juga dimanfaatkan dalam bentuk essential oil sama seperti minyak serai wangi.

Seperti namanya, akar wangi memiliki aroma harum dan menenangkan. Tak hanya untuk pengobatan medis, akar wangi juga dimanfaatkan untuk mengusir serangga.

Akar wangi banyak digunakan sebagai kandungan utama essential oil dan aromaterapi. Beberapa manfaat akar wangi untuk kesehatan di antaranya:

1. Otak lebih waspada

Berdasarkan uji laboratorium pada binatang di tahun 2016, menghirup aroma minyak akar wangi dapat meningkatkan kewaspadaan dan fungsi otak.

Lebih jauh lagi, minyak akar wangi bisa membuat otak lebih fokus mengerjakan tugas dan waspada terhadap apa yang terjadi di sekitar.

Baca juga: Tak Hanya Wangi, 7 Aroma Ini Bermanfaat untuk Kesehatan

2. Meningkatkan kualitas tidur

Akar wangi juga bisa dimanfaatkan dengan meneteskan minyaknya di diffuser. Dalam penelitian tahun 2010, sebanyak 36 orang yang menghirup minyak akar wangi saat tidur terbukti lebih nyenyak dan tidak ngorok

3. Meredakan cemas berlebih

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X