5 Cara Alami Membuat Rumah Selalu Wangi dan Segar

Kompas.com - 11/06/2019, 09:13 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Siapa yang tidak betah berada di ruangan yang memiliki aroma segar. Sayangnya, ada saja penyebab rumah menjadi berbau tidak sedap, misalnya saja ruangan yang lembab, bau sampah rumah tangga, atau pun sirkulasi udara yang buruk.

Cobalah ramuan alami untuk menghilangkan bau dan menyegarkan rumah.

1. Lemon dan Rosemary

Anda bisa membuat ramuan penyegar ini sendiri. Caranya, siapkan mangkuk gelas lalu isi dengan air, dua iris lemon, ekstrak vanila, dan sejumput rosemary. Letakkan di tengah ruangan.

2. Minyak esensial

Siapkan mangkuk gelas, baking soda, dan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda lalu campurkan. Aromanya yang lembut akan membuat kita merasa lebih rileks.

3. Daun pandan

Ciptakan keharuman ala spa di rumah dengan bahan-bahan yang bisa ditemukan di sekitar rumah. Salah satunya adalah daun pandan. Ambil beberapa helai daunnya lalu iris halus. Letakkan dalam wadah kecil. Untuk memberi keharuman bunga, tambahkan bunga-bunga melati.

Baca juga: Deretan Tanaman Rumah yang Bisa Membersihkan Udara Menurut NASA

4. Aroma jeruk

Jangan buang kulit jeruk. Kita bisa memanfaatkannya menjadi pengharum ruangan. Caranya sangat mudah, rebus kulit jeruk dan beberapa batang kayu manis.

Matikan kompor dan tunggu sampai suhunya hangat. Aromanya yang segar akan menyebar ke seluruh rumah. Anda juga bisa berkreasi dengan kulit buah lain, seperti apel, cengkeh, atau lemon.

5. Pewangi karpet

Karpet sering menjadi tempat berkumpulnya debu dan bau tidak sedap di rumah. Atasi dengan mencampurkan borax, baking soda, dan minyak esensial atau pun rempah-rempah di tempat. Campurkan, lalu semprotkan ke karpet. Tunggulah selama 15-20 menit lalu vakum karpet sampai bersih.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X