Mengendalikan Hasrat Belanja Online Selama Karantina

Kompas.com - 26/05/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi orang menerima paket dari belanja online. Dok. ShutterstockIlustrasi orang menerima paket dari belanja online.

KOMPAS.com – Apakah karantina di rumah membuat kebiasaan belanja online kamu jadi sulit dikontrol? Kamu tidak sendirian.

Menurut data Asosiasi e-Commerce Indonesia, sebagian besar marketplace di Indonesia mengalami kenaikan, terutama untuk pembelian barang kebutuhan pokok dan produk kesehatan.

Peningkatan belanja online masyarakat ternyata bukan hanya karena adanya imbauan untuk tidak keluar rumah, tapi juga karena banyak orang merasa bosan dan cemas selama karantina.

Menurut Josette Freeman, koordinator program SMART Recovery, program yang membantu orang dengan masalah kecanduan, belanja adalah cara yang umum dilakukan orang untuk menghadapi kecemasan.

“Mayoritas orang butuh keteraturan dalam hidupnya, tetapi sekarang keteraturan itu tak ada lagi dan masa depan serba tidak pasti. Hal itu sangat menggoncang bagi banyak orang,” kata Freeman.

Berbelanja merupakan kegiatan yang memberi kesenangan jangka pendek dan memenangkan. Namun, ada dampak jangka panjangnya jika sebenarnya dana kita terbatas.

Baca juga: Transaksi Belanja Online Meningkat, Bukalapak Minta Pengguna Waspada

Konsultan keuangan Kylie Holford mengatakan, saat ini kita harus lebih bijaksana dalam mengeluarkan uang karena kondisi ekonomi yang tidak pasti.

“Tanpa bermaksud mendramatisir, tapi dalam 6 bulan ke depan kita mungkin belum bisa kembali ke masa sebelum pandemi,” kata Holford.

Kondisi ekonomi butuh waktu cukup lama untuk kembali normal, sehingga kita harus berhati-hati dengan dorongan untuk hidup hanya untuk saat ini, termasuk saat melihat situs belanja online ketika sedang bosan.

Holford memberikan tips apa saja yang bisa kita lakukan untuk menekan hasrat belanja dan cermat menyiapkan masa depan:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber ABC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X