10 Tanda Awal Kehamilan

Kompas.com - 30/05/2020, 19:47 WIB
Ilustrasi tes virus corona seperti metode tes kehamilan. Ilustrasi tes virus corona seperti metode tes kehamilan.

KOMPAS.com—Kehamilan tak selalu diawali dengan mual dan terlambat haid saja. Bagi beberapa wanita, tanda- tanda kehamilan bahkan sudah terjadi dua minggu sebelum menstruasi dan mungkin berlanjut selama tiga bulan pertama kehamilan. Untuk memastikannya memang tetap perlu pemeriksaan ke dokter atau bidan.

Berikut adalah 10 tanda awal kehamilan yang biasanya ditunjukkan oleh tubuh:

1. Payudara menjadi sensitif dan lebih penuh

Salah satu tanda utama kehamilan dini adalah perubahan pada payudara. Kehamilan akan menyebabkan perubahan hormon pada tubuh yang berdampak payudara sangat sensitif dan lebih penuh ukurannya.

2. Selalu merasa lelah dan mengantuk

Hal ini bisa membuat Anda yang biasanya aktif menjadi mudah capek. Alasan mengapa tubuh mendadak gampang lelah adalah peningkatan hormon progesteron di masa awal kehamilan.

Baca juga: 5 Tanda Kehamilan yang Sering Tak Disadari

3. Nafsu makan bertambah

Salah satu tanda awal kehamilan yang paling jelas adalah perubahan nafsu makan, hal ini terjadi karena perubahan hormon.

4. Sering ke kamar mandi

Jika kamu lebih sering buang air kecil dari biasanya, itu mungkin saja menjadi pertanda awal kehamilan. Penyebabnya adalah hormon hCG meningkat. Hal ini menyebabkan aliran darah ke arah panggul juga ikut meningkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber fustany
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X