Ingin Wajah Senantiasa Awet Muda? Pitera Adalah Jawabannya

Kompas.com - 03/06/2020, 19:38 WIB
Ilustrasi air beras KatharinaRauIlustrasi air beras
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi para pecinta skincare, mungkin kata pitera sudah tidak asing lagi. Pasalnya, pitera adalah salah satu komposisi yang terdapat pada sebuah produk perawatan kulit ternama.

Pada iklan komersial produk tersebut disebutkan bahwa pitera adalah ramuan ajaib yang telah diturunkan berbagai generasi untuk menjaga kulit tetap muda. Benarkah demikian?

Apa itu pitera?

Pitera pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan yang menyadari bahwa kulit tangan para pembuat sake di Jepang sangat halus seperti kulit remaja, berkebalikan dengan wajah mereka yang keriput dan menua.

Dari situlah para ilmuwan menduga bahwa air beras yang telah difermentasikan untuk membuat sake memiliki efek yang signifikan pada kulit.

Pada dasarnya, pitera adalah air beras yang telah difermentasikan. Proses fermentasi tersebut dilakukan dengan menambahkan Saccharomycopsis sebagai bahan aktif fermentasi. Dari proses fermentasi itulah pitera terbentuk.

Pitera mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kulit, seperti asam amino, mineral, vitamin B dan E, serta asam organik.

Kandungan nutrisi tersebut diklaim dapat meningkatkan kekencangan kulit, mengurangi keriput, mengurangi bintik-bintik gelap, bahkan baik untuk perawatan rambut.

Baca juga: Ragi Beras, Rahasia Kulit Putih Halus Wanita Jepang

Manfaat pitera untuk kulit

Tak hanya membuat wajah menjadi awet muda, pitera ternyata memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kulit. Adapun manfaat pitera adalah sebagai berikut:

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X