Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2020, 19:38 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Bagi para pecinta skincare, mungkin kata pitera sudah tidak asing lagi. Pasalnya, pitera adalah salah satu komposisi yang terdapat pada sebuah produk perawatan kulit ternama.

Pada iklan komersial produk tersebut disebutkan bahwa pitera adalah ramuan ajaib yang telah diturunkan berbagai generasi untuk menjaga kulit tetap muda. Benarkah demikian?

Apa itu pitera?

Pitera pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan yang menyadari bahwa kulit tangan para pembuat sake di Jepang sangat halus seperti kulit remaja, berkebalikan dengan wajah mereka yang keriput dan menua.

Dari situlah para ilmuwan menduga bahwa air beras yang telah difermentasikan untuk membuat sake memiliki efek yang signifikan pada kulit.

Pada dasarnya, pitera adalah air beras yang telah difermentasikan. Proses fermentasi tersebut dilakukan dengan menambahkan Saccharomycopsis sebagai bahan aktif fermentasi. Dari proses fermentasi itulah pitera terbentuk.

Pitera mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kulit, seperti asam amino, mineral, vitamin B dan E, serta asam organik.

Kandungan nutrisi tersebut diklaim dapat meningkatkan kekencangan kulit, mengurangi keriput, mengurangi bintik-bintik gelap, bahkan baik untuk perawatan rambut.

Baca juga: Ragi Beras, Rahasia Kulit Putih Halus Wanita Jepang

Manfaat pitera untuk kulit

Tak hanya membuat wajah menjadi awet muda, pitera ternyata memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kulit. Adapun manfaat pitera adalah sebagai berikut:

1. Meminimalkan efek radikal bebas

Suatu penelitian yang mengamati aktivitas antioksidan pada air beras mengungkapkan bahwa senyawa fenolik dan flavonoid yang terkandung pada pitera sangatlah tinggi.

Kadarnya yang tinggi meningkatkan aktivitas antioksidan yang dikenal dapat menghalau efek radikal bebas pada kulit. Oleh sebab itu, pitera pun dapat mengurangi kerusakan kulit akibat radikal bebas.

2. Mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori

Mineral yang terkandung dari hasil cairan fermentasi beras dapat membuat kulit menjadi kencang dan dapat mengecilkan pori-pori.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com