Kompas.com - 25/05/2019, 20:00 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com – Pernahkah kamu merasa ingin memiliki kulit putih mulus layaknya orang Jepang? Jika ya, maka tak ada salahnya kamu mencoba bahan alami ini.

Namanya ragi beras. Dulu, ada seorang warga Jepang yang sangat penasaran dengan para pekerja sake di Jepang.

Ia bertanya-tanya, kenapa tangan pegawai sake putih-putih dan mulus.

Begitu diteliti, tangan putih mulus itu berasal dari kandungan ragi beras atau galactomyces dalam proses pembuatan sake.

“Galactomyces ini fungsinya mencerahkan kulit hingga mengecilkan pori-pori.”

Begitu kata ahli kecantikan di Utsukushi Beauty & Skin Center, dr Dessy Esa Sriyani kepada Kompas.com di Bandung, Kamis (23/5/2019) lalu.

Baca juga: Tak Hanya untuk Fisik, Olahraga Juga Baik untuk Kulit

Itulah mengapa, sambung Dessy, banyak kosmetika di Jepang yang lalu menggunakan kandungan galactomyces untuk mencerahkan kulit.

Di Indonesia, Universitas Hasanuddin di Makassar pernah melakukan penelitian serupa. Hasilnya ragi beras banyak manfaatnya untuk kulit.

“Namun hasilnya tidak instan. Sedikitnya akan terlihat dalam 28 hari. Kenapa 28 hari? karena itulah siklus dari kulit,” tutur Dessy.

Mengetahui kisah dan penelitian tersebut membuat beberapa produsen kosmetika di dunia menggunakan galactomyces sebagai salah satu kandungan produknya.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kulit Tetap Kenyal dan Sehat Saat Puasa

Termasuk rangkaian produk yang ia ciptakan, Aesthetic Bluepin. Dessy mengaku kemurnian galactomyces dalam produknya mencapai 97 persen.

“Kelebihan dari produk saya, harganya yang lebih rendah dari produk Jepang,” tutur dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.