Industri Berlian Kelebihan Pasokan di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 09/06/2020, 15:31 WIB
Ilustrasi berlian LAURENT FIEVET / AFPIlustrasi berlian

KOMPAS.com - Industri berlian menjadi salah satu sektor yang tidak luput dari efek pandemi Covid-19.

Seperti dilansir Bloomberg Quint, sebuah laporan terbaru menyebut pandemi telah membuat pasokan berlian menjadi berlebih.

Di saat dunia tengah berjuang untuk kembali ke kondisi normal, para penjual berlian harus mencari cara terkait bagaimana mereka memasarkan stok berlian mereka senilai miliaran dollar AS tanpa memengaruhi kondisi saat ini.

Baca juga: Lady Gaga Pakai Berlian Tiffany Ratusan Miliar ke Taco Bell

Ketika industri berlian di seluruh dunia melambat, pengrajin perhiasan terpaksa menutup bisnis mereka guna menaati langkah-langkah pembatasan sosial.

De Beers, dealer berlian yang berbasis di Botswana bahkan harus membatalkan penjualan tahunan Maret, mengadakan acara tahunan di bulan Mei, dan hanya memperoleh 35 juta dollar AS dibandingkan 416 juta dollar AS tahun lalu.

Hal ini memaksa mereka menyiapkan penjualan lain pada bulan depan, memberi petunjuk tentang apa yang akan dihadapi industri berlian dalam beberapa bulan mendatang.

Saat ini, lima produsen berlian terbesar memegang pasokan berlian senilai sekitar 3,5 miliar dollar AS dengan firma penasehat spesialis Gemdax, dan stok akan mencapai 4,5 miliar dollar AS pada akhir 2020.

Rencana yang diberlakukan kini adalah membatasi pasokan berlian kasar, namun belum jelas bagaimana keputusan mengurangi rasio persediaan ke penjualan perusahaan akan terjadi untuk melindungi pasar dan nilai.

Perusahaan seperti De Beers belum menyesuaikan harga, tetapi produsen berlian yang lebih kecil telah mengurangi harga, dan beberapa perusahaan  bahkan telah menunjukkan penurunan sebesar 25 persen.

Baca juga: Berlian untuk Milenial, Mengapa Tidak?



Sumber Hypebeast
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X