Bisa Bantu Diet, Kapan Waktu Terbaik Minum Teh Hijau?

Kompas.com - 01/07/2020, 10:53 WIB
ilustrasi teh hijau, manfaat teh hijau bagi kesehatan shutterstockilustrasi teh hijau, manfaat teh hijau bagi kesehatan

KOMPAS.com - Target menurunkan berat badan bisa dicapai dengan menerapkan defisit kalori dengan mengonsumsi sumber makanan sehat. Salah satu makanan yang mengandung banyak manfaat, termasuk mendukung upaya diet adalah teh hijau.

Teh hijau dikenal sebagai minuman paling sehat di dunia karena mengandung komponen yang bernama katekin, antioksidan yang memiliki banyak manfaat, antara lain meningkatkan pembakaran lemak ketika berolahraga dan pembakaran kalori pada masa istirahat.

Penelitian menyebutkan bahwa antioksidan bisa membantu mempercepat metabolisme tubuh, yang akan membantu mempercepat pembakaran lemak dan pada akhirnya membantu menurunkan berat badan.

Tetapi yang menjadi pertanyaan, kapan waktu terbaik mengonsumsi teh hijau dan berapa banyak porsinya?

Tidak seperti diet tertentu, jika hanya bergantung pada teh hijau ke dalam pola makan kita mungkin memerlukan waktu lama untuk menunjukkan hasil. Namun, ada waktu-waktu tertentu di mana konsumsi teh hijau bisa membantu mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sejumlah pakar menyarankan konsumsi teh hijau di pagi hari untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan memberikan nutrisi untuk menambah energi.

Baca juga: Minum Teh Hijau Cara Enak Sehatkan Jantung

Teh hijau di pagi hari juga bisa membantu kita untuk lebih fokus dan berkonsentrasi untuk menjalani hari.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa teh hijau memberikan manfaat, terutama jika dikonsumsi sebelum berolahraga.

Sebuah studi yang meneliti 12 orang laki-laki menemukan, konsumsi teh hijau sesaat sebelum berolahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen.

Studi lain menemukan, minum tiga porsi teh hijau sehari sebelum berolahraga dan satu porsi lagi dua jam sebelum berolahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak selama latihan dan saat istirahat.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X