Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2020, 11:25 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan startup asal Jepang, Donut Robotics tengah mengembangkan masker wajah pintar.

Masker ini disebut C-Mask, fungsinya tidak sekadar melindungi kita dari penyebaran virus corona, melainkan juga sebagai penerjemah bahasa.

C-Mask akan merekam pesan, kemudian menyalinnya ke pesan teks yang dikirim melalui Bluetooth dalam sembilan bahasa, antara lain Jepang, Inggris, Cina, Prancis, Korea, Thailand, Bahasa Indonesia, Spanyol, dan Vietnam.

Baca juga: CleanSpace Halo, Masker Canggih yang Sedang Tren

Di samping itu, masker buatan Donut Robotics juga dapat melakukan panggilan, mencatat waktu rapat, serta membantu memproyeksikan dan memperkuat suara pemakainya.

"Selama bertahun-tahun, kami habiskan waktu mengembangkan robot, dan kami memutuskan untuk memanfaatkan teknologi agar menjadi berguna pasca virus corona," ujar CEO Donut Robotics, Taisuke Ono, dalam wawancara bersama Reuters Japan.

Donut Robotics sedang menggalang dana di situs crowdfunding Jepang, dan saat ini sudah memperoleh sekitar 260.000 dollar AS atau sekitar Rp 3,7 miliar.

"Kami menaikkan target awal kami tujuh juta yen dalam waktu tiga menit dan berhenti setelah 37 menit di saat kami telah mencapai 28 juta yen," ujar Ono.

Setiap C-Mask dibanderol dengan harga sekitar 40 dollar AS atau setara Rp 570.000, dan akan mulai dirilis di Jepang pada bulan September mendatang. Perusahaan juga akan menjual masker ini di China, AS, dan Eropa.

Baca juga: Masker Wajah Buatan Under Armour, Khusus untuk Olahraga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com