Masker Wajah Pintar dengan Fitur Penerjemah Bahasa, Tertarik?

Kompas.com - 08/07/2020, 11:25 WIB
C-Mask, masker wajah yang dilengkapi fitur penerjemah bahasa. Repro bidik layar via HypebeastC-Mask, masker wajah yang dilengkapi fitur penerjemah bahasa.

 

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan startup asal Jepang, Donut Robotics tengah mengembangkan masker wajah pintar.

Masker ini disebut C-Mask, fungsinya tidak sekadar melindungi kita dari penyebaran virus corona, melainkan juga sebagai penerjemah bahasa.

C-Mask akan merekam pesan, kemudian menyalinnya ke pesan teks yang dikirim melalui Bluetooth dalam sembilan bahasa, antara lain Jepang, Inggris, Cina, Prancis, Korea, Thailand, Bahasa Indonesia, Spanyol, dan Vietnam.

Baca juga: CleanSpace Halo, Masker Canggih yang Sedang Tren

Di samping itu, masker buatan Donut Robotics juga dapat melakukan panggilan, mencatat waktu rapat, serta membantu memproyeksikan dan memperkuat suara pemakainya.

"Selama bertahun-tahun, kami habiskan waktu mengembangkan robot, dan kami memutuskan untuk memanfaatkan teknologi agar menjadi berguna pasca virus corona," ujar CEO Donut Robotics, Taisuke Ono, dalam wawancara bersama Reuters Japan.

Donut Robotics sedang menggalang dana di situs crowdfunding Jepang, dan saat ini sudah memperoleh sekitar 260.000 dollar AS atau sekitar Rp 3,7 miliar.

"Kami menaikkan target awal kami tujuh juta yen dalam waktu tiga menit dan berhenti setelah 37 menit di saat kami telah mencapai 28 juta yen," ujar Ono.

Setiap C-Mask dibanderol dengan harga sekitar 40 dollar AS atau setara Rp 570.000, dan akan mulai dirilis di Jepang pada bulan September mendatang. Perusahaan juga akan menjual masker ini di China, AS, dan Eropa.

Baca juga: Masker Wajah Buatan Under Armour, Khusus untuk Olahraga



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X