Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2020, 13:12 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Stroke menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit ini juga bisa menimbulkan kecacatan. Kecepatan penanganan sejak pasien merasakan gejalanya sangat memengaruhi tingkat kesembuhan.

Konsep utama dalam penanganan stroke adalah memberikan pengobatan yang spesifik dalam waktu sesegera mungkin sejak serangan terjadi.

Masalah yang muncul adalah banyak orang tidak mengetahui gejala awal serangan stroke.
Kementrian Kesehatan RI memberikan alat penilaian sederhana untuk stroke,
“SEGERA KE RS”, yaitu

Senyum tidak simetris ,
Gerak separuh anggota tubuh melemah tiba-tiba,
BicaRa pelo atau tiba-tiba tidak dapat bicara atau tidak mengerti kata-kata/bicara,
Kebas atau baal,
Rabun,
Sakit kepala hebat yang muncul tiba-tiba dan gangguan fungsi keseimbangan.

Baca juga: Stroke Juga Bisa Terjadi di Usia Muda, Bagaimana Mencegahnya?

Jangan menganggap remeh bila merasakan gejala atau tanda tanda terserang stroke seperti diatas, jangan tunggu sampai menjadi parah segera berobat ke Rumah Sakit.

Para ahli menyebutkan periode emas (golden period) penananganan stroke adalah beberapa jam pertama ketika seseorang mengalami gejala stroke.

Penanganan segera

Jika pasien segera mendapat penanangan yang tepat di rumah sakit, maka kerusakan permanen akibat penyumbatan pembuluh darah di otak yang memicu stroke bisa diminimalisir atau dicegah.

“Dalam penanganan stroke kita berkejaran dengan waktu, semakin lama penanganan stroke sejak terjadinya serangan maka dapat berakibat semakin fatal apalagi jika telah melewati masa golden period yatu 4,5 jam setelah terjadinya serangan,” kata dr. Sukono Djojoatmodjo, spesialis saraf dari RS Premier Jatinegara Jakarta.

Baca juga: Ubah Gaya Hidup untuk Kurangi Risiko Stroke

Penanganan stroke di RS Premier Jatinegara mengutamakan kecepatan dan ketepatan. Rumah sakit ini juga untuk kedua kalinya mendapat penghargaan WSO Angel Award dari World Stroke Organisation yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss.

WSO Angel Awards yang merupakan penghargaan bagi fasilitas kesehatan yang diberikan setiap tahunnya kepada rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang memiliki komitmen dalam penanganan stroke

“Dengan kecepatan dan ketepatan, hasil yang didapat pasien pasca dilakukan terapi pengobatanpun dapat diperoleh secara maksimal sehingga dapat meningkatkan harapan dan kualitas hidup pasien pasca serangan stroke,” kata Sukono.

Ia menambahkan, tim stroke unit di RS Premier Jatinegara memiliki standar 30 menit door to needle dalam penanganan stroke yaitu dalam 30 menit semenjak pasien tiba di rumah sakit premier Jatinegara pasien harus segera mendapatkan terapi atau pun tindakan.

Baca juga: Mengupas Hubungan Hipertensi, Penyakit Jantung, dan Stroke

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com