Kompas.com - 16/07/2020, 20:49 WIB
Ilustrasi metode kangaroo mother care SHUTTERSTOCKIlustrasi metode kangaroo mother care

KOMPAS.com - Kehadiran bayi tentu akan membuka lembaran baru dalam hidup kita sebagai orangtua. Begitu juga untuk bayi kecil yang baru hadir ke dunia. Ia perlu menyesuaikan diri dengan kehidupan dunia, setelah sembilan bulan berada di dalam perutrahim yang penuh kehangatan.

Karena itu, di masa awal kehidupannya, seringkali bayi masih membutuhkan kehangatan untuk membuatnya merasa nyaman.

Metode kangaroo mother care umumnya bisa membantu bayi baru lahir merasa nyaman. Metode ini juga menawarkan banyak manfaat untuk bayi baru lahir, apalagi jika bayi lahir prematur.

Baca juga: 9 Mitos Tentang Perawatan Bayi Baru Lahir dan Faktanya

Ayah dan ibu sama-sama bisa melakukan metode ini. Caranya pun mudah, siapakan bayi tanpa busana kecuali popok, kemudian letakkan di dada kita, tutupi dengan selimut.

Gagasan metode kangaroo mother care dikembangkan di Kolumbia pada 1970-an untuk membantu mengatasi angka kematian bayi prematur yang tajam.

Kini, banyak dokter dan bidan merekomendasikannya untuk bayi prematur maupun bayi yang lahir cukup bulan.

Bidan bersertifikat Shellie Hawk, menjelaskan manfaat dari kontak kulit ke kulit dan menawarkan petunjuk langkah demi langkah untuk membantu orangtua dan bayi mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman ikatan yang luar biasa ini.

Bagaimana kangaroo mother care membantu bayi dan orangtua?

"Kelahiran adalah kejutan besar bagi bayi," kata Hawk.

"Berlatih kangaroo mother care, terutama setelah bayi lahir, membantu memudahkan transisi bayi dari rahim - tempat yang hangat, nyaman, dan tenang ke dunia luar yang lebih dingin dan lebih keras."

Baca juga: Ibu Cemas ASI Tidak Cukup? Ketahui Jumlah Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X