Kompas.com - 20/07/2020, 14:37 WIB
Ilustrasi beras shutterstockIlustrasi beras
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, beras menjadi bahan makanan pokok yang utama. Bahkan beras juga merupakan sumber energi yang murah dan bergizi. Beras mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh.

Namun beras tidak hanya yang putih, ternyata ada berbagai jenis beras yang bisa kita konsumsi. Jenis-jenis beras tersebut berbeda dalam warna, rasa, dan nilai gizi. 

Dari ribuan varietas beras, berikut jenis beras yang umum digunakan dan memiliki karakteristik gizi yang baik, di antaranya:

1. Beras merah

Beras merah sangat berpigmen serta mengandung sejumlah nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Jenis beras ini juga lebih tinggi protein dan serat daripada beras putih.

Sementara, kandungan antioksidan flavonoid yang ada di dalamnya yaitu anthocyanins apigenin, myricetin, dan quercetin.

Flavonoid dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa beras merah memiliki potensi yang lebih besar untuk melawan radikal bebas, dan mengandung konsentrasi antioksidan flavonoid yang lebih tinggi daripada beras putih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beras merah menjadi favorit sebagai pengganti beras putih karena kalori dalam 250mg beras merah hanya 216 kkal.

Baca juga: Mulailah Konsumsi Beras Merah, Sekarang!

2. Beras cokelat

Beras cokelat kerap dikonsumsi oleh sebagian orang yang tengah menjalani program diet. Sebab beras cokelat memiliki serat dan protein yang lebih banyak daripada beras putih.

Halaman:


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.