Mengapa Beras Cokelat Dianggap Lebih Sehat Dibanding Beras Putih?

Kompas.com - 02/11/2019, 11:01 WIB
Ilustrasi beras cokelat shutterstockIlustrasi beras cokelat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Indonesia adalah negeri dengan kekayaan alam melimpah yang membuat kita bisa mencicipi beraneka ragam pangan yang berkhasiat bagi kesehatan. Salah satunya adalah biji-bijian berupa beras cokelat atau brown rice yang populer dijadikan alternatif pengganti nasi putih.

Beras cokelat memiliki warna kecokelatan dengan tekstur yang lebih keras saat sudah dimasak dan dikonsumsi sebagai nasi. Kamu mungkin belum terlalu familiar dengan beras cokelat karena lebih sering menggunakan beras putih yang umum dijual di pasaran.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya mencoba mengganti beras putih dengan beras coklat, karena terdapat berbagai manfaat beras cokelat bagi kesehatan.

Manfaat beras cokelat bagi kesehatan tidak hanya sekedar membantu penurunan berat badan. Berikut adalah beberapa manfaat beras coklat yang bisa dipertimbangkan sebagai pengganti beras putih.

Membantu penurunan berat badan

Manfaat beras coklat yang paling populer adalah membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini bukanlah rumor belaka karena beras cokelat memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada beras putih.

Serat sangat berguna untuk membuat perut tetap merasa kenyang dan mencegah kita mengonsumsi lebih banyak kalori. Beras cokelat juga ditemukan mampu mengurangi lemak di perut dibanding beras putih.

Baca juga: Beras Cokelat Vs Beras Putih, Mana Lebih Sehat?

Tidak mengandung gluten

Saat seseorang mengalami ketidakmampuan mencerna gluten, biasanya reaksi yang muncul adalah muntah, diare, sakit perut, dan kembung ketika mengonsumsi gluten.

Oleh karenanya, manfaat beras coklat yang lainnya adalah dapat menjadi pengganti makanan tinggi gluten, seperti nasi putih, roti, pasta, dan sebagainya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X