Kompas.com - 23/07/2020, 23:58 WIB
penyebab kulit berjerawat SHUTTERSTOCKpenyebab kulit berjerawat

KOMPAS.com - Umumnya, orang-orang mulai mengalami kulit berjerawat ketika masa pubertas. Jerawat biasanya muncul pada remaja dan dewasa muda dari usia 12 hingga 24.

Meski demikian, menurut American Academy of Dermatology pada sebagian orang jerawat masih mungkin muncul pada mereka yang berusia 30-an dan 40-an.

Bagi beberapa orang, jerawat adalah hal sepele. Tapi, bagi sebagian orang lainnya jerawat bisa memengaruhi seseorang secara emosional - yang biasanya mengarah pada rendahnya harga diri.

Baca juga: Jerawat Tak Kunjung Hilang? Segera Hindari Makanan Ini

Selain hormon, ada beberapa hal lain yang menyebabkan kulit berjerawat. Penting bagi kamu untuk mengetahui penyebabnya, agar bisa menghilangkan jerawat dengan cara yang tepat.

1. Adanya Masalah Kesehatan Lain

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika orang melihat jerawat tumbuh di wajah, mereka kemungkinan akan mencari perawatan yang hanya menargetkan untuk menghilangkan jerawat.

Tetapi dalam beberapa kasus, mengobati jerawat tidak akan menghilangkannya sepenuhnya.

Yang perlu diperhatikan jika ini terjadi adalah, bisa jadi ada masalah kesehatan lain yang menyebabkan jerawat, termasuk stres.

Temui dokter untuk mengetahui akar penyebabnya, sebelum melakukan perawatan jerawat. Menemukan sumbernya akan membantu mengatasi masalah kulit dengan lebih baik.

2. Perawatan Kulit Juga Dapat Merusak

Banyak orang berinvestasi dalam produk kecantikan demi mempertahankan kulit yang terlihat cantik dan sehat. Sayangnya, produk perawatan kulit juga dapat merusak kulit.

Misalnya, terlalu sering menggunakan produk yang menghilangkan minyak dari kulit dengan harapan dapat mencegah jerawat, tapi sebenarnya hal tersebut justru bisa memicu timbulnya jerawat dan membuat kulit menjadi kering.

Ini karena, minyak pada kulit mendukung mikroorganisme yang bermanfaat membuat kulit bersih.

Baca juga: Cara Sederhana Hailey Bieber Hilangkan Jerawat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.