BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Fortune

Hadapi Tantangan Sekolah dari Rumah, Fortune Ajak Ibu Berstrategi Lewat #BincangCerMat

Kompas.com - 07/08/2020, 16:29 WIB
Bincang CerMat mengatur pola belajar anak oleh Fortune. FortuneBincang CerMat mengatur pola belajar anak oleh Fortune.
Penulis Farhanah
|

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 belum usai sehingga anak-anak pun masih harus sekolah dari rumah. Dalam situasi krisis ini, ibu mempunyai peran penting, yakni sebagai orangtua sekaligus guru yang menemani dan membimbing anak-anak belajar di rumah.

Dengan berbagai kesibukan, para ibu kerap merasa kesusahan dalam membagi waktu antara mengurus rumah, memasak, menyiapkan kebutuhan keluarga, dan menemani anak belajar. Mungkin Anda juga merasakan kondisi ini.

Bahkan hingga saat ini, banyak ibu yang masih mencari cara dalam mengatur waktu dan pola belajar anak yang efektif dan efisien agar anak tetap bisa belajar dengan maksimal dan urusan rumah tangga tetap terselesaikan.

Untuk itu, Fortune membantu para ibu menghadapi tantangan sekolah dari rumah melalui acara Bincang CerMat yang diselenggarakan secara live di Instagram @fortunecermat, Senin (27/07/2020).

Baca juga: Simak, Rekomendasi IDAI soal Screen Time Anak Selama Belajar di Rumah

Talkshow virtual tersebut mengundang konsultan pendidikan sekaligus Kepala Kurikulum Sekolah Mu dan Sekolah Murid Merdeka Laksmi Mayesti Wijayanti dan Duta Ibu CerMat Fortune 2020 Ida Ayu Kade Iva Rahayu untuk membagikan cara CerMat dalam memandu dan menemani anak belajar di rumah.

Apa saja cara cermat tersebut? Berikut ulasan yang dirangkum Kompas.com dari acara yang diselenggarakan Fortune, produk minyak goreng dan beras dari Wilmar Indonesia.

Ilustrasi orangtua mendampingi anak sekolah dari rumah.Ketut Subiyanto Ilustrasi orangtua mendampingi anak sekolah dari rumah.

Bangun suasana belajar nyaman dan menyenangkan

Mulailah dengan mengatur area belajar agar minim gangguan. Anda tak harus memiliki ruangan khusus yang kedap suara kok. Cobalah atur ruang keluarga dengan meja dan kursi yang nyaman untuk mendukung kegiatan belajar anak.

Buat perjanjian kepada anak agar tidak menyalakan televisi dan memainkan gawai selama belajar. Dengan begitu, anak pun bisa fokus menjalani aktivitas sekolah di rumah.

Selain itu, Laksmi pun menyarankan orangtua tidak menjadikan nilai sebagai pencapaian anak dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah sehingga suasana belajar di rumah tidak menegangkan bagi anak dan orangtua.

Baca juga: Ini Kendala Orangtua Dampingi Anak PAUD Belajar di Rumah

“Sebetulnya yang lebih penting dari pembelajaran jarak jauh ini bukan terpenuhinya tugas-tugas sekolah. Namun, bagaimana anak bisa paham bahwa belajar itu bisa dari mana saja, termasuk dari orangtua,” kata Laksmi.

Saat membimbing anak, orangtua juga wajib mengendalikan emosi. Dengan demikian, suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bisa terbangun dan anak pun tidak stres menghadapi situasi ini.

Buat tujuan belajar anak

Pastikan orangtua selalu berdiskusi dengan anak dalam mengatur pola belajar yang pas sehingga komunikasi selalu terjalin dan anak merasa dihargai.

Cobalah ajak anak berdialog dan dorong anak menulis tujuan belajar mereka. Proses ini akan memudahkan Anda dalam mengarahkan mereka. Bagi anak, tujuan yang ditulis sendiri dapat memotivasi saat belajar.

“Pastikan anak sendiri yang membuat tujuannya karena ide utama dari merdeka belajar adalah bagaimana anak-anak kita menjadi pemimpin perjalanan pembelajaran mereka,” jelas Laksmi.

Komunikasi dan dialog ini juga bisa menjadi kesempatan untuk membangun ikatan yang lebih dekat.

Baca juga: Belajar di Rumah, Kejenuhan Murid hingga Sekolah yang Dituntut Inovatif

Buat skema “35-35-35” agar proses belajar optimal

Luangkan waktu khusus untuk menemani anak belajar dan fokuslah pada mereka. Laksmi mengatakan, proses belajar yang optimal bagi anak-anak hanya sekitar 1 jam 45 menit. Anda pun harus bisa memanfaatkan waktu singkat ini dengan baik.

Agar lebih efektif, orangtua bisa membagi waktu tersebut dalam tiga sesi dengan skema 35-35-35.

Pertama, Anda bisa bantu mengajarkan anak selama 35 menit. Kedua, biarkan anak belajar sendiri dalam 35 menit. Kemudian dalam 35 menit terakhir, Anda dan anak bisa bersama-sama membereskan tugas-tugas dan hasil belajar.

Beri jeda waktu untuk bangkitkan mood anak

Belajar di rumah sendirian tentu akan membuat anak lebih mudah bosan dibandingkan saat belajar bersama teman-teman di sekolah. Untuk itu, orangtua harus pintar-pintar menjaga mood anak agar tidak kehilangan semangat.

Menurut pengalaman Ida menghadapi dua buah hatinya, memberikan anak jeda ketika belajar sangat efektif untuk mengembalikan semangat mereka.

“Kalau mereka sudah mulai merasa enggak bisa mengerjakan tugas dan enggak mood, biasanya saya berbagi cerita pengalaman saya dulu waktu belajar dan mereka suka mendengar cerita seperti itu,” kata Ida.

Baca juga: Survei UNICEF: 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman Belajar di Rumah

Selain bercerita, jeda juga bisa diisi dengan ragam kegiatan kesukaan anak, seperti membuat aneka eksperimen dan prakarya.

Berikan apresiasi atau reward

Sistem reward and punishment akan efektif digunakan dalam proses belajar anak, asalkan tidak berlebihan.

Reward tidak harus berbentuk materi dan hadiah lho. Anda cukup memberikan pujian atau bentuk apresiasi lain yang lebih sederhana, seperti memberikan mereka camilan kesukaan.

Hal itulah yang dilakukan Ida saat menemani buah hatinya belajar di rumah. Dalam sesi tersebut, ia menuturkan bahwa dirinya kerap menyediakan gorengan sehat kesukaan anaknya sebagai reward setelah belajar.

“Biasanya saya sediakan camilan yang mereka suka. Mereka sih sukanya goreng-gorengan yang saya tambahkan sayuran. Jadi, saya selalu sediakan camilan yang digoreng pakai Minyak Goreng Fortune karena hasilnya pasti garing dan renyahnya tahan lama atau kadang bikin nasi gulung nori dibuat pakai Beras Fortune. Jadi, enggak usah pakai beras Jepang juga sudah pulen,” tutur Ida.

Baca juga: Murid Belajar di Rumah, Tagihan Listrik Sekolah Ini Malah Melonjak

Nah, itu tadi lima tips yang dibagikan dalam Bincang CerMat. Sebagai penyelenggara, Fortune berharap tips ini dapat membantu para ibu dalam menghadapi tantangan sekolah dari rumah dan memberikan pengetahuan agar kegiatan belajar di rumah lebih menyenangkan.

Untuk meringankan beban para ibu, Fortune juga memberikan aneka perlengkapan yang dapat menunjang kegiatan sekolah dari rumah. Perlengkapan ini diberikan kepada partisipan terpilih berupa paket data 20 GB, meja belajar lipat, serta headphone.

Agar tidak ketinggalan beragam tips CerMat dan info menarik lainnya, Anda dapat mengikuti akun Instagram @fortunecermat serta like Facebook Fortune Cermat.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Mengapa Kita Dianjurkan Makan Pisang Saat Diare?

Mengapa Kita Dianjurkan Makan Pisang Saat Diare?

Eat Good
Masker Wajah dari Akar Sayuran, Mau Coba?

Masker Wajah dari Akar Sayuran, Mau Coba?

Feel Good
Membedakan Gejala Pilek, Flu dan Covid-19

Membedakan Gejala Pilek, Flu dan Covid-19

Feel Good
4 Jenis Kesadaran Orang dalam Pemakaian Masker

4 Jenis Kesadaran Orang dalam Pemakaian Masker

Feel Good
Bisakah Kacamata Mencegah Infeksi Virus Corona?

Bisakah Kacamata Mencegah Infeksi Virus Corona?

Feel Good
Ada Aturan Baru Menhub, Kelengkapan Sepedamu Sudah Komplet?

Ada Aturan Baru Menhub, Kelengkapan Sepedamu Sudah Komplet?

Look Good
Masker 'Scuba' Hanya Beri Keamanan Semu

Masker "Scuba" Hanya Beri Keamanan Semu

Feel Good
Susul Ronaldo, Messi Kini Berstatus Triliuner

Susul Ronaldo, Messi Kini Berstatus Triliuner

Feel Good
Nike Lapisi Air Force 1 High dengan Bahan Gore-Tex

Nike Lapisi Air Force 1 High dengan Bahan Gore-Tex

Look Good
Mahkota Mendiang Rapper The Notorious B.I.G Terjual Hampir Rp 9 Miliar

Mahkota Mendiang Rapper The Notorious B.I.G Terjual Hampir Rp 9 Miliar

Look Good
Vans Buka Butik Instagrammable, Seperti Apa?

Vans Buka Butik Instagrammable, Seperti Apa?

Look Good
Masker Wajah Tiga Lapis dari MUJI, Bisa Dipakai Kembali

Masker Wajah Tiga Lapis dari MUJI, Bisa Dipakai Kembali

Look Good
Pandemi, Penjualan Produk Fesyen Tetap Tinggi

Pandemi, Penjualan Produk Fesyen Tetap Tinggi

Look Good
8 Tanda Melemahnya Kekebalan Tubuh yang Tak Disadari

8 Tanda Melemahnya Kekebalan Tubuh yang Tak Disadari

Feel Good
Tips Aman Penggunaan Minyak Esensial untuk Bayi

Tips Aman Penggunaan Minyak Esensial untuk Bayi

Feel Good
komentar di artikel lainnya