Facebook Luncurkan Kampanye #NyamandiSosmed

Kompas.com - 12/08/2020, 18:34 WIB
Ilustrasi Facebook ZDNet.comIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Facebook merupakan salah satu media sosial yang relatif banyak digunakan selama pandemi Covid-19. Pengguna memanfaatkan platform ini untuk mendapatkan berita atau informasi seputar Covid-19.

Namun, tidak semua informasi tersebut akurat. Tak sedikit yang merupakan kabar bohong alias hoaks.

Dalam “Hoaks Distribution Through Digital Platforms in Indonesia 2018,” laporan atas survei terhadap 2.032 orang di Indonesia yang dilakukan DailySocial, Facebook menempati urutan teratas sebagai media sosial sumber informasi warganet tanah air di tahun 2018.

Dari laporan tersebut, juga ditemukan sebanyak 53,25 persen responden mengaku sering menerima hoaks melalui media sosial. 

Untuk itu Facebook kembali mengedukasi masyarakat agar bisa mengenali berita hoaks. Kali ini Facebook meluncurkan kampanye #NyamandiSosmed.

Baca juga: Bahaya Lain dari Pandemi Covid-19: Informasi Palsu

Menurut Karissa Sjawaldy, Public Policy untuk Facebook di Indonesia, kampanye ini untuk membangun kesadaran di masyarakat agar lebih aman dan nyaman saat menggunakan media sosial.

"Di masa PSBB transisi, orang lebih banyak di rumah dan mengakses konten di media sosial. Kita fokus meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai cara menjaga keamanan akun Facebook dan mengenali berita palsu atau hoax."

Demikian kata Karissa dalam konferensi pers "#NyamandiSosmed Bersama Facebook & Si Nopal" yang digelar secara virtual pada Rabu (12/8/2020).

Cara menjaga keamanan akun Facebook, kata Karissa, adalah berhati-hati terhadap pesan singkat atau email dari sumber tak dikenal.

Baca juga: Waspadai, 5 Tanda Kecanduan Media Sosial

 "Jika pesan singkat atau email meminta kita untuk mengklik sebuah link, itu adalah penipuan dalam bentuk phising."

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X