5 Pengobatan Alami untuk Menghilangkan Ketombe di Kulit Kepala

Kompas.com - 23/08/2020, 18:35 WIB
Ilustrasi ketombe shutterstockIlustrasi ketombe

KOMPAS.com - Kulit kepala yang kering, gatal dan terasa bersisik adalah kondisi di mana kita memiliki ketombe. Meski tidak berbahaya atau menular, kondisi ini bisa membuat kita tidak nyaman.

Menggaruk rambut terus-menerus karena rasa gatal, akan membuat ketombe jatuh ke baju yang kita pakai. Hal itu bisa memengaruhi penampilan kita, apalagi jika kita sedang berkencan.

Pada dasarnya, sampo anti ketombe bisa memecahkan masalah pada kulit kepala, namun kita bisa menggunakan cara lain untuk menghilangkan ketombe.

Baca juga: 5 Cara Atasi Ketombe dengan Gula, Sudah Tahu?

Penyebab utama ketombe

Biasanya ketombe terdapat di bagian belakang kepala, sepanjang garis rambut depan, dan di sekitar telinga, kata Joshua Zeichner, MD, Direktur Cosmetic and Clinical Research di Department of Dermatology di The Mount Sinai Hospital.

Zeichner mengatakan, ketombe adalah hasil reaksi tubuh terhadap sejenis jamur yang hidup secara alami di kulit kita, termasuk kulit kepala.

Saat jamur tumbuh terlalu banyak, hal itu menyebabkan reaksi kekebalan inflamasi yang memicu pengelupasan kulit.

Saat cuaca panas dan lembap, keringat dan minyak menumpuk di kulit kepala dan menjadi tempat yang ideal bagi jamur untuk tumbuh, kata Zeichner.

Jumlah jamur yang banyak, menandakan lebih banyak peradangan dan kulit kepala yang mengelupas.

Pengobatan alami yang tersedia untuk ketombe biasanya bekerja dengan berfokus pada pengurangan jamur berlebih, yang dapat menghilangkan ketombe.

Berikut lima cara pengobatan alami yang bisa kamu coba:

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil digunakan sebagai obat untuk berbagai kondisi jamur dan bakteri karena memiliki sifat antimikroba, yang bisa membunuh dan menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, kata Zeichner.

Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology menguji sampo non-tea tree oil dan sampo dengan kadar tea tree oil lima persen pada 126 peserta.

Dari studi tersebut, ditemukan mereka yang menggunakan sampo tea tree oil mengalami perbaikan dalam tingkat keparahan ketombe 41 persen dibandingkan mereka yang menggunakan sampo non-tea tree oil.

Zeichner menganjurkan agar kita tidak menggunakan minyak pohon teh dalam bentuk murni, karena dapat menyebabkan iritasi.

Dia merekomendasikan untuk menambahkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam sampo yang biasa kita gunakan saat keramas, dan kemudian cuci rambut seperti biasa.

Baca juga: Ketombe Jadi Masalah Utama Rambut

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X