Bosan Bertengkar dengan Pasangan? Coba Tips agar Lebih Akur

Kompas.com - 02/09/2020, 13:27 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com — Pertengkaran adalah bagian dari setiap hubungan. Bahkan, konflik dengan pasangan bisa menjadi sehat karena itu berarti kedua orang tersebut mengekspresikan diri dan membiarkan emosi tak lagi ditahan.

Akan tetapi, terkadang perselisihan yang sesekali ini dapat berubah menjadi pertengkaran yang terus-menerus. Konflik cenderung lebih merusak dan berubah menjadi racun, dan terus memburuk.

Namun, sebenarnya kamu masih bisa menyelamatkan hubunganmu dengan si dia. Yang dibutuhkan hanyalah mengubah sikap untuk menunjukkan kepada pasangan bahwa kamu peduli. Nantinya, hal ini akan mampu meredakan ketegangan.

1. Jangan mencoba memenangi pertengkaran setiap kali kalian bertengkar. Ini bukan tentang memenangkan argumen, tetapi memahami situasi dan mengatasinya untuk membuat hubungan menjadi lebih kuat.

2. Segalanya mungkin sulit saat ini, tetapi ada saat ketika percikan muncul lagi dalam hubungan. Ingatlah saat-saat indah yang diisi dengan kemesraan, seperti saling berpegang tangan, kencan romantis, dan sebagainya. Mengenang hari-hari indah akan membantumu menenangkan diri.

Baca juga: Hal Sepele Pemicu Pertengkaran dengan Pasangan yang Perlu Dihindari

3. Dapatkah kamu membayangkan hidup tanpa pasangan? Pertengkaran yang terus-menerus hanya akan memperburuk keadaan dan bahkan dapat menyebabkan perpisahan.

Jadi, jika benar-benar ingin menyelamatkan hubungan, pikirkan apa yang akan hilang jika kamu kehilangan pasangan.

4. Sering kali pertengkaran adalah hasil dari perilaku kita sendiri. Evaluasi dengan pikiran tenang apa yang mengganggu pasanganmu. Apakah itu sifat posesifmu? Apakah sikap yang terlalu mengatur?

5. Sudah menjadi sifat manusia untuk bersikap defensif ketika seseorang menuduh kita tentang sesuatu. Namun, terkadang kamu harus mundur selangkah dan memeriksa situasinya sebelum menyerang dan merasa benar.

Baca juga: Cara Kembali Akur Setelah Bertengkar dengan Mertua

6. Beristirahatlah ketika menyadari bahwa kamu tidak dapat mengendalikan situasi. Terkadang, menjauh adalah satu-satunya pertahanan yang dapat dipilih.

7.  Hindari berbicara dengan pasangan pada hari-hari buruk agar tidak berubah menjadi sesuatu yang lebih besar dan kita sesali kemudian.




Sumber Pinkvilla
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X