Kompas.com - 02/09/2020, 14:11 WIB
Ilustrasi kunyit shutterstockIlustrasi kunyit
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kunyit merupakan salah satu bumbu masak yang memiliki banyak manfaat. Rempah berwarna oranye ini kerap digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk masalah perut dan gangguan pencernaan.

Bahkan, tak sedikit yang menggunakan kunyit untuk mengobati asam lambung. Lantas, apakah efektif menggunakan kunyit untuk asam lambung?

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kunyit kerap kali digunakan untuk mengobati nyeri arthritis dan melancarkan haid.Tak hanya itu, rempah ini juga banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan fungsi hati.

Tentu hal tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, kunyit memiliki senyawa antiradang dan antioksidan.

Selain itu, kunyit mengandung bahan aktif berupa kurkumin. Kurkumin adalah antioksidan polifenol yang memiliki kemampuan sebagai antivirus, antibakteri, hingga antikanker yang kuat. Bahan inilah yang dianggap dapat memberi manfaat saat asam lambung naik.

Baca juga: Kunyit, Rempah Untuk Atasi Depresi


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition, penyakit asam lambung naik dan refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux (GERD) dapat disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif.

Pada penelitian tersebut, disarankan bahwa penyakit GERD perlu diobati dengan antioksidan dan antiradang.

Sementara, hasil studi lainnya menunjukkan bahwa efek antiradang pada kurkumin dapat membantu mencegah peradangan pada kerongkongan (esofagus).

Akan tetapi, membutuhkan penelitian ilmiah lebih lanjut guna melihat efeknya pada bagian pencernaan yang lain.

Kunyit dan ekstrak kurkumin dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Maka dari itu, kunyit untuk asam lambung diklaim dapat membantu meredakan gejala GERD.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.