Mitos dan Fakta Seputar Kekebalan Tubuh untuk Melawan Covid-19

Kompas.com - 08/09/2020, 08:45 WIB
Ilustrasi orang batuk. Dok. ShutterstockIlustrasi orang batuk.

KOMPAS.com – Laju penularan Covid-19 yang belum terkendali membuat kita harus semakin waspada menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Kemungkinan Anda pernah mendengar atau membaca tentang makanan, obat, atau suplemen, yang diklaim bisa mengatasi atau mengobati penyakit ini. Namun, jangan gampang percaya mitos dan klaim tersebut.

Obat atau makanan ajaib yang disebut-sebut bisa mengobati Covid-19 sejauh ini adalah hoaks.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan, hoaks seputar pandemi ditemukan di banyak negara dan meminta kita memelihara sikap skeptisme dalam menyaring informasi yang belum jelas asal-usulnya.

Baca juga: Cek Fakta Sepekan: Hoaks Virus Corona hingga Informasi Keliru soal Batuk Gejala Covid-19

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat:

- Jaga tingkat stres
Ini memang sebuah siklus, makin kita stres karena pandemi, makin kita rentan terhadapnya. “Stres bisa berpengaruh buruk pada sistem imun kita karena hormon kortisol akan mematikan sel di sistem imun. Jangan panik, cobalah mengendalikan kecemasan kita,” kata Morgan Katz, dokter spesialis penyakit menular dari Johns Hopkins University.

- Tetap berolahraga
Olahraga dengan intensitas sedang dan ringan sangat dianjurkan karena secara alami akan menurunkan kadar kortisol dan membantu fungsi sistem imun. Lakukan olahraga 30-60 menit setiap hari.

Walau begitu, jangan berlebihan melakukan olahraga. Penleitian menyebutkan, atlet dengan durasi latihan berat justru lebih rentan terpapar infeksi karena daya tahan tubuhnya lebih rendah.

Baca juga: Waspadai Stres Jangka Panjang dan Kesulitan Tidur Saat New Normal

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X