Perlengkapan yang Wajib Ada Dalam Kotak Pertolongan Pertama di Rumah

Kompas.com - 17/09/2020, 08:15 WIB
Kotak P3K sebaiknya selalu tersedia di rumah dan kendaraan. ThinkstockphotosKotak P3K sebaiknya selalu tersedia di rumah dan kendaraan.

KOMPAS.com - Cedera ringan merupakan hal yang tak mungkin dihindari di rumah, misalnya saja tergores pisau ketika memasak atau terjatuh dan berdarah. Untuk penanganan pertama pada luka tersebut, kotak berisi obat dan pertolongan pertama (first aid) wajib ada di rumah.

Sayangnya, kotak tersebut sering diabaikan atau isinya berceceran sehingga sulit ditemukan ketika dibutuhkan.

"Luka dapat terjadi kepada siapa saja dan kita tidak akan tahu kapan. Bahkan, di rumah pun kita masih bisa tetap terluka. Untuk bisa merawat luka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki kotak pertolongan."

Demikian diungkapkan oleh pakar penanganan luka, dr Adisaputra Ramadhinara, MSc, CWSP, FACCWS, melalui keterangan tertulis yang dibagikan oleh Hansaplast.

Siapkan satu tempat khusus untuk menyimpan kotak pertolongan di tempat yang mudah dijangkau orang dewasa.

Jika masih bingung obat atau perlengkapan apa yang harus diisi ke dalam kotak pertolongan pertama, berikut beberapa usulan isi yang sebaiknya selalu tersedia:

Baca juga: Cara Tepat Penanganan Luka di Kulit Sehari-hari

- Masker

- Hand sanitizer

- Sarung tangan lateks

- Gunting

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X