Cottonized Hemp, Bahan Ramah Lingkungan untuk Koleksi Terbaru Levi's

Kompas.com - 30/09/2020, 13:33 WIB
Koleksi berpotonga loose dari Levis yang menggunakan bahan cottonized hemp levisKoleksi berpotonga loose dari Levis yang menggunakan bahan cottonized hemp
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Sadarkah bahwa pakaian yang kita beli memiliki andil besar dalam kerusakan lingkungan? Selain limbah fesyen yang menjadi isu belakangan ini, cara membuat bahan pakaian rupanya juga bisa merugikan Bumi.

Bayangkan berapa luas lahan yang digunakan untuk menanam kapas, berapa banyak air yang dipakai mengairinya, lalu berapa banyak pupuk dan pestisida ditebarkan untuk tanaman itu. Belum lagi bila kita menghitung proses pencucian, pewarnaan dan lainnya. Ya, banyak sekali.

Karena proses pembuatan seperti itu mengancam kelestarian lingkungan, maka banyak brand mulai berinovasi dan memperbaiki cara mereka membuat busana. Salah satu yang melakukannya adalah Levi's.

Sejak Maret tahun lalu, brand denim itu sudah memperkenalkan bahan baru, yaitu semacam serat rami (hemp) yang diolah menjadi seperti katun.

Hemp atau rami dikenal sebagai bahan yang lebih ramah lingkungan. Pasalnya dalam luas ladang yang sama, rami mampu menghasilkan serat dua atau tiga kali lebih banyak daripada kapas.

Tanaman rami juga bisa membersihkan tanah dengan menghilangkan polutan dan bahan beracun, sekaligus menyuburkannya dengan nitrogen dan oksigen.

Selain itu, serat hemp jauh lebih kuat daripada katun, sehingga produk yang dibuat menggunakannya akan lebih awet.

Menurut Institut Lingkungan Stockholm, rami juga menggunakan lebih sedikit air. Diperlukan 10.000 liter air untuk menghasilkan 1 kg kapas, dibandingkan dengan sekitar 300-500 liter air untuk menghasilkan 1 kg bahan rami kering.

Rami juga bisa ditanam di ladang tadah hujan sehingga sebenarnya tidak menggunakan air tanah.

Dalam jangka panjang, pilihan menggunakan rami daripada kapas akan membantu memerangi kelangkaan air, ancaman yang berkembang di seluruh dunia.

Baca juga: Mode Pakaian yang Berubah Cepat dan Dampaknya Bagi Lingkungan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X