Kompas.com - 07/10/2020, 12:25 WIB
Ilustrasi berenang SolisImagesIlustrasi berenang

KOMPAS.com -Beberapa orang ada yang senang berenang di air dingin karena membuat tubuh terasa lebih segar. Tapi ternyata, manfaat yang didapatkan lebih dari itu.

Berenang di air dingin memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Psikolog Sarah Gingell mengatakan, ketika seseorang merasa stres karena pekerjaan yang menumpuk, berenang di air dingin bisa membantu meredakannya.

“Berenang di air dingin dapat menyetel ulang pikiran dan meredakan kekhawatiran. Dalam jangka panjang, kegiatan itu bisa membantu pikiran menyesuaikan ulang cara merespons stres menjadi lebih baik,” kata Gingell seperti dikutip Evening Standard.

Ada penelitian yang menunjukkan paparan air dingin terhadap tubuh dalam jangka waktu tertentu mengurangi respons stres yang dipicu adrenalin atau pemicu lain.

Berenang di air dingin juga meningkatkan kemampuan menenangkan diri saat merasa stres.

Penelitian lain dari University of Portsmouth dan Royal Sussex County Hospital menemukan berendam di air dingin bisa membuat seseorang jarang mengalami infeksi virus seperti pilek. Kalau pun sampai terinfeksi, maka gejalanya lebih ringan.

Baca juga: Berenang di Kolam Air Dingin, Alternatif Solusi Atasi Depresi

Jurnal Free Radical Biology and Medicine menemukan perendaman air dingin secara teratur membantu meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

Air dingin juga mengaktifkan brown fat yang membuat pembakaran kalori menjadi lebih cepat.

Selain itu, berenang di air dingin membantu memulihkan peradangan pada otot sehabis melakukan olahraga berat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X