Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Hal Penting yang Perlu Diketahui Sebelum Hubungan Intim Pertama Kali

Kompas.com - Diperbarui 11/12/2022, 14:52 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Refinery29

KOMPAS.com - Kita pastinya sudah mendengar banyak hal tentang berhubungan intim pertama kali sebelum mengalaminya sendiri. Melakukannya pertama kali akan menjadi sebuah hal besar.

Anggapan apapun yang kamu miliki, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya.

1. Pilih lokasi

Temukan tempat kamu bisa intim dengan pasangan tanpa perlu khawatir atau terganggu. Misalnya, jika kamu tinggal satu rumah dengan keluarga, maka malam pertama bisa dilakukan di tempat lain yang lebih tenang.

2. Melupakan anggapan tentang "pertama kali"

Perempuan mendengarkan banyak sekali pesan tentang seks dari media dan lingkungan. Cobalah untuk tidak fokus pada apa yang kamu pelajari dari televisi, film atau teman-temanmu soal "kehilangan keperawanan".

Sebab, pada kenyataannya, pengalaman setiap orang bisa sangat berbeda dari yang lainnya.

"Singkirkan harapan apa pun, pertama kali berhubungan intim biasanya bukan yang terbaik. Selain itu, banyak hal yang kamu dengar tentang hubungan intim pertama kali bukanlah hal yang mutlak."

Demikian diungkapkan oleh Pakar Seks dan Keintiman SKYN Condoms dan Pembawa Acara podcast Sex With Emily, Emily Morse, PhD, seperti dilansir Refinery29

Emily menambahkan, misalnya, tidak semua perempuan berdarah ketika pertama kali berhubungan intim, tidak semua mengalami rasa sakit atau bahkan tidak semua menikmatinya.

Namun, jika kamu masuk ke kategori itu, ketahuilah bahwa tidak ada yang salah denganmu.

Baca juga: 5 Alasan Umum Mengapa Wanita Tidak Menikmati Hubungan Intim

3. Cari tahu sebelum mulai

Jika tidak yakin seperti apa perasaan pertama kali berhubungan intim, luangkan waktu untuk mencari tahu bahkan bermasturbasi sebelum memulai.

"Kamu perlu tahu apa yang kamu inginkan, apa yang membuatmu bersemangat, dan lainnya," kata Pendiri platform multimedia untuk pendidikan seks, kesehatan dan kesadaran, the Sex Ed, Liz Goldwyn.

Luangkan waktu untuk berkencan dengan diri sendiri dan mencari tahu bagaimana kamu suka disentuh sebelum berhubungan intim dengan pasangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber Refinery29
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com