Waspadai, 8 Ciri Teman yang "Toksik"

Kompas.com - 29/10/2020, 11:55 WIB
Ilustrasi pertemanan FreepikIlustrasi pertemanan

KOMPAS.com - Teman-teman adalah sosok yang membuat hidup semakin berarti dengan segala dukungan sosial-emosional yang mereka berikan. Menjadikan hidup kita menjadi lebih bahagia.

Namun, ternyata tidak semua pertemanan memiliki efek positif. Bahkan beberapa teman justru menjadi racun alias " toksik" bagi lingkungan pertemanannya.

Duh, jangan sampai kita menjadi salah satunya, ya.

Pertemanan yang toksik bisa muncul lewat bentuk yang berbeda-beda, namun pada umumnya situasinya dapat menguras mentalmu.

Selain itu, alih-alih membangun dan mengangkatmu, situasi pertemananan yang toksik justru menjatuhkanmu.

Polanya mungkin bisa berbeda-beda, namun beberapa contoh perilaku pertemanan toksik berikut mungkin bisa kamu jadikan bahan pembelajaran untuk berhati-hati.

1. Dia menjatuhkanmu
Dilansir Healthline, teman sering bercanda satu sama lain, dan sedikit saling ejek tidak akan mengganggu keberlangsungan hubungan satu sama lain, terutama jika kalian sama-sama menertawakan itu.

Namun, jika salah seorang temanmu terus menerus merendahkanmu dan itu membuatmu merasa sedih, baik dia menggunakan taktik halus atau hinaan yang terang-terangan, pertemananmu itu mungkin tidak sehat.

2. Menyebarkan gosip tentangmu
Kamu memberi tahu seorang teman sesuatu halnyang rahasia, tapi keesokan harinya, seluruh lingkaran sosialmu mengetahui detailnya.

Siapa pun bisa tergelincir dan mengatakan hal-hal yang tidak seharusnya mereka katakan.

Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X