Makan di Luar Ruang Pakai Tenda Plastik demi Cegah Covid-19, Amankah?

Kompas.com - 31/10/2020, 15:03 WIB
. REPRO BIDIK LAYAR VIA FOXNEWS.

KOMPAS.com - Sejak dunia dilanda pandemi, penduduk di beberapa negara, seperti Amerika Serikat menciptakan tren makan yang baru.

Tren itu adalah tenda gelembung plastik yang berfungsi melindungi pengunjung restoran saat makan di ruang terbuka.

Pertanyaannya, apakah tenda berbahan plastik itu dapat melindungi seseorang saat makan di luar dari paparan virus corona?

Dr. Robert Glatter, salah satu dokter di Lenox Hill Hospital, New York, mengatakan, alternatif itu tidak lebih aman dibandingkan indoor dining alias makan di dalam ruangan.

Baca juga: 7 Tips Atasi Stres pada Anak di Tengah Pandemi Covid-19

"Makan di dalam ruangan sebenarnya meningkatkan risiko kita tertular Covid-19," kata Glatter kepada Fox News, Kamis (29/10/2020) lalu.

Dia menyebut, risiko dari aerosol yang tertinggal setelah pengunjung meninggalkan meja makan merupakan beberapa risiko potensial untuk penularan virus.

Banyak restoran di beberapa negara berinvestasi mengadakan tenda makan berbahan gelembung plastik untuk menyediakan lebih banyak kapasitas bagi tamu.

Restoran Cafe du Soleil di Upper West Side, New York, sempat disorot bulan lalu karena membuat tenda makan berbahan gelembung plastik untuk membantu pengunjung menjaga jarak fisik.

Tenda luar ruang juga memiliki kemampuan untuk menahan hujan, dan menjadi alternatif bagi rumah makan yang mempunyai keterbatasan untuk tempat duduk di dalam ruangan.

Glatter mengatakan, partikel udara dapat bertahan hingga tiga jam di ruang tertutup dengan sirkulasi udara atau ventilasi yang buruk.

Halaman:


Sumber FOXNEWS
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X