Kompas.com - 31/10/2020, 18:41 WIB

KOMPAS.com - Kantong plastik maupun semua jenis plastik dikenal sulit terurai ke dalam tanah karena rantai karbonnya yang panjang.

Maka, penggunaannya pun kini diminimalisasi demi mengurangi kian bertumpuknya sampah plastik karena tidak bisa terurai.

Di kota-kota besar seperti DKI Jakarta, pemakaian kantong plastik sekali pakai atau kresek sudah diatur sejak 1 Juli 2020 yang lalu.

Baca juga: Sisi Buruk Tote Bag Pengganti Kantong Plastik

Meski begitu, tak jarang masih saja ada tempat perbelanjaan, terutama toko online yang menyediakan kantong plastik untuk membungkus belanjaan.

Nah, untuk mencegah penumpukan sampah plastik, kita bisa mengumpulkan kantong-kantong plastik itu ke bank plastik di daerah tempat kita tinggal.

Selain itu, biasakan untuk menggunakan kantong plastik yang kita punya di rumah secara berulang untuk membawa barang-barang. Jadi tidak langsung dibuang.

"Saya kalau mau memberikan botol-botol plastik ke bank plastik juga memakai kantong plastik yang kemudian saya bawa pulang agar bisa digunakan lagi."

Demikian yang dikatakan oleh Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Tiza Mafira.

Baca juga: Hidup Tanpa Kantong Plastik, Mungkinkah?

Dia berbicara dalam webinar bersama Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) melalui aplikasi Zoom, Sabtu (31/10/2020).

Tak hanya itu, kantong plastik juga dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus barang supaya terhindar dari air dan rayap, karena kantong plastik memiliki ketahanan yang kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.