Kompas.com - 06/11/2020, 20:47 WIB
Ilustrasi limbah makanan yang dapat didaur ulang. SHUTTERSTOCK/VICTORIA1Ilustrasi limbah makanan yang dapat didaur ulang.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Zero waste living atau gaya hidup tanpa sampah nampaknya sedang naik daun di masyarakat, khususnya kalangan anak muda.

Meski sebagian besar sudah cukup sadar akan pentingnya hidup tanpa sampah, tak sedikit juga yang masih belum mempraktikannya secara nyata.

Padahal, banyak cara supaya kita bisa mengurangi sampah, asal benar-benar memiliki niat dan mau melawan rasa malas.

Penulis yang juga merupakan pegiat zero waste living, Dian Kusuma Wardhani mengatakan, bahwa mengubah gaya hidup tanpa sampah itu memerlukan proses.

Ia mengakui keluarganya berusaha bertanggung jawab terhadap sisa konsumsi dan masih terus berjuang meminimalisir sampah.

Menurut perempuan yang akrab disapa Dini itu, dalam melakukan pengurangan sampah ada tahapan seperti piramida terbalik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi puncaknya di bawah. Upaya yang dinilai tidak terlalu penting ditaruh paling dasar," ujarnya saat siaran langsung di akun Instagram Kind of Life @my.kindoflife, Jumat (6/11/2020).

Dini kemudian menggunakan piramida terbalik itu sebagai cara sederhana untuk menerapkan zero waste living sebagai berikut ini.

1. Mencegah adanya sisa

Tahapan ini ada di paling atas piramida, artinya mencegah sesuatu sebelum akhirnya nanti akan menjadi sampah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X