Kompas.com - 10/11/2020, 11:53 WIB
Ilustrasi masker mata Freepik/Vadym DrobotIlustrasi masker mata

 

KOMPAS.com – Masker mata termasuk dalam skincare yang sedang tren. Masker yang dipakai di bawah mata ini ditujukan untuk menyegarkan mata yang lelah sekaligus mengurangi tanda penuaan. Seberapa efektif?

Karena kulit di sekitar mata sangat tipis, area ini menunjukkan tanda penuaan lebih awal di banding bagian kulit wajah lainnya. Garis halus di sekitar mata, lingkaran hitam, hingga kantung mata, merupakan tanda-tanda penuaan yang menjengkelkan.

Dokter dermatologi Doris Day menjelaskan, ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya tanda penuaan di sekitar mata.

“Selain faktor usia dan kurang tidur, dehidrasi, sering mengucek-ngucek mata, dan pola makan tidak sehat, juga berkontribusi pada timbulnya lingkaran hitam dan kantung mata,” kata Day seperti dikutip dari NBC News.

Bagi sebagian besar orang, rekomendasi tidur cukup 8 jam setiap malam terkadang sulit dipenuhi. Namun, ada produk-produk skincare yang memang ditujukan untuk melawan tanda-tanda penuaan di mata.

Selain krim mata, saat ini kita juga bisa menggunakan masker mata (eye patch) yang umumnya memiliki kandungan untuk melembabkan kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penyebab Keriput Pertama Muncul di Sekitar Mata

Menurut dokter dermatologi Dendy Engelman, kita memang butuh produk yang formulasinya spesifik untuk area kulit mata.

Produk masker mata disebut cukup efektif mengurangi bengkak pada mata dan membuat mata lelah terlihat lebih segar. Hal ini karena produk semacam ini umumnya mengandung pelembab yang bisa menghidrasi dan memelihara kulit.

“Pilih produk yang mengandung kandungan berkualitas tinggi seperti asam hialuronik dan ceramides, atau kandungan anti-penuaan seperti retinol dan niacinamide untuk mencerahkan kulit di bawah mata,” kata Engelman.

Ia menjelaskan, eye patch biasanya memiliki konsentrasi lebih tinggi karena harus bisa bertahan sekitar 20 menit untuk memberikan hasil segar yang instan.

Mayoritas produk masker mata yang baik juga bersifat oklusif atau mencegah kehilangan air di kulit dan ditambahkan zat aktif yang menghidrasi.

Engelman memberikan trik untuk pemakaian masker di bawah mata.

“Setelah memakai masker mata, angkat dan balik, lalu tempelkan di area garis senyum. Jika produk ini bisa menghindari area kulit seperti di bawah mata, seharusnya juga bekerja untuk area garis senyum,” katanya.

Baca juga: Mengapa Serum Wajah Tak Bisa Menggantikan Fungsi Krim Mata

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber MSNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.