Kompas.com - 14/11/2020, 15:30 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com— Musik memiliki banyak manfaat bagi manusia. Bunyi-bunyian yang membentuk nada ini juga bisa disebut sebagai salah satu terapi terbaik untuk relaksasi.

Hanya dengan mendengarkan musik, manusia bisa merasakan beragam emosi, sedih, ceria, bersemangat dan merasa jatuh cinta.

Memainkan alat musik juga bisa menghibur sekaligus memberikan otak stimulasi, terutama untuk anak-anak. Belajar dan menjelajahi dunia musik akan lebih bermanfaat jika dimulai sejak usia dini.

Berikut adalah beberapa manfaat potensial mengapa anak harus belajar memainkan alat musik sejak dini.

Mempertajam memori

Memori adalah blok dasar untuk mempelajari sesuatu. Anak harus banyak berlatih untuk mempertajam ingatan mereka. Saat belajar memainkan alat musik apa pun itu, kemampuan memorinya ikut terasah.

Ketika anak mempelajari teori dan mengimplementasikannya pada instrumen, proses tersebut secara alami akan memaksa anak untuk menghafal dengan lebih baik.

Belajar bermain alat musik tak hanya tentang belajar instrumen, namun juga melatih otak anak dan menstimulasi daya ingatnya.

Baca juga: Ingin Belajar Musik, Lebih Penting Bakat atau Minat Anak?

2. Membuat anak sabar dan disiplin

Mempelajari alat musik tak hanya memerlukan ingatan yang kuat, tapi juga kesabaran dan kedisiplinan.

Halaman:


Sumber Moms.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X