Iri pada Sahabat, Apa yang Harus Dilakukan?

Kompas.com - 28/11/2020, 09:16 WIB
Ilustrasi jomblo tuaindeedIlustrasi jomblo
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tak sedikit dari kita yang pernah merasa iri saat seorang teman sedang bahagia karena berbagai hal baik terjadi. Terkadang, kita berharap dapat merasakan kondisi yang serupa

Ketika emosi ini muncul dalam persahabatan kita, sulit untuk mengetahui dengan tepat apa yang harus dilakukan.

Menurut American Psychological Association (APA), rasa iri atau kecemburuan biasanya muncul saat kita melihat orang lain mendapat lebih banyak perhatian atau kasih sayang.

Ini terjadi karena kita juga mendambakan pencapaian, penghargaan, atau kepemilikan yang sama.

Sebenarnya, rasa iri dan cemburu adalah emosi yang muncul secara alami dan wajar dalam persahabatan.

Namun, kita dapat menghadapi perasaan tersebut agar tidak membuat suasana menjadi aneh, sekaligus membantu kita mengelola emosi dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Akui perasaan itu kepada diri sendiri

Jika kita kesulitan untuk memberi tahu teman bahwa kita merasa "terganggu" oleh nasib baiknya janganlah khawatir, kita tidak perlu melakukannya.

Sebaliknya, kita cukup mengatakan perasaan yang sebenarnya pada diri sendiri.

Menyangkal rasa iri atau cemburu hanya akan membuat perasaan semakin memburuk dan itu tidak baik untuk diri kita dan juga persahabatan.

Halaman:


Sumber self.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X