Kata Siapa Kucing Tak Bisa Dilatih dan Diberi Perintah? Ini Caranya

Kompas.com - 03/12/2020, 21:31 WIB
Ilustrasi kucing di dalam kandang, kandang kucing SHUTTERSTOCK/OLEG BATRAKIlustrasi kucing di dalam kandang, kandang kucing

KOMPAS.com - Jika dibandingkan dengan anjing, kucing jauh lebih sulit untuk dilatih dan diberi perintah. Namun faktanya, melatih kucing bukan hal yang mustahil.

Meski membutuhkan waktu dan kesabaran tinggi, melatih kucing dapat membantu memperkuat hubunganmu dengan hewan berbulu tersebut.

"Konsep dan prosedur di balik melatih kucing sama persis dengan yang kita terapkan untuk melatih anjing."

Demikian dikatakan Jessica Watson, pemimpin tim Cat World dalam organisasi nirlaba Best Friend Animal Society.

Baca juga: 20 Hal yang Ternyata Dibenci Kucing, Apa Saja?

"Kesulitannya adalah menemukan apa yang disukai kucingmu. Tidak mudah untuk membuat kucing senang," kata dia.

Persiapan melatih kucing

Perintah yang kita berikan untuk kucing sebaiknya dikaitkan dengan sesuatu yang baik.

Jika kucing memperoleh pengalaman buruk saat menjalankan perintah, kita harus memulai dari awal dan mencoba taktik lain.

"Saat melatih kucing saya, yang saya lakukan adalah bersiul setiap kali saya memberikan makanan pada kucing, di mana saya meletakkan makanan di depannya," kata Watson.

"Waktu adalah kunci utama untuk memastikan kucing menganggap siulan sebagai hadiah, yang dalam hal ini berbentuk makanan."

Baca juga: Kenapa Kucing Takut dengan Mentimun?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X