Kompas.com - 15/12/2020, 10:56 WIB
Tiga mahasiswa Unpad dan dosen pembimbingnya membuat sepeda listrik bertenaga surya yang ramah lingkungan. Dok HUMAS UNPADTiga mahasiswa Unpad dan dosen pembimbingnya membuat sepeda listrik bertenaga surya yang ramah lingkungan.

KOMPAS.com - Berbeda dengan kampus umumnya di ibu kota, kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) di Jatinangor, Sumedang, memiliki kontur jalan perbukitan yang naik turun.

Hal itu tidak menjadi persoalan bagi mereka yang menggunakan kendaraan bermotor. Namun tidak demikian bagi pejalan kaki, atau pun pengguna sepeda.

"Lumayan ngahegak (bernapas tersengal-sengal)," ujar mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Arif A kepada Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Baca juga: Menggunakan E-Bike, Tidak akan Tertinggal Lagi Saat Bersepeda Bersama

Sebelum pandemi Covid-19, Arif beberapa kali ke kampus menggunakan sepeda. Rasanya sangat melelahkan, apalagi buat mereka yang belum terbiasa.

Begitu mendengar ada Easy Bike -sepeda listrik bertenaga surya yang diciptakan sekelompok mahasiswa Unpad, ia menjadi penasaran.

Arif mengaku tak sabar ingin segera kembali ke kampus dan mencoba sepeda tersebut.

Easy Bike

Tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) mengembangkan Easy Bike. Yakni sepeda listrik bertenaga surya.DOK UNIVERSITAS PADJADJARAN Tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) mengembangkan Easy Bike. Yakni sepeda listrik bertenaga surya.
Gagasan pengembangan sepeda listrik bertenaga surya ini muncul dari tiga mahasiswa Unpad yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler Student Energy.

Mereka adalah Mutiara Nawansari, mahasiswa Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam (MIPA), Lutfia Rahmannisa (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), dan Alamsyah Yahya Nugraha (Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Ketiga mahasiswa ini dibimbing seorang dosen FMIPA bernama Ferry Faizal.

Mutiara mengatakan, penelitian ini berangkat dari penggunaan kendaraan bermotor di dalam kampus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X