Kompas.com - 16/12/2020, 05:05 WIB
Kate Middleton tampil anggun dengan gaun bunga-bunga. via PagesixKate Middleton tampil anggun dengan gaun bunga-bunga.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang yang sudah tidak asing dengan pakaian bermotif bunga-bunga atau yang dikenal dengan floral.

Motif ini sepertinya tidak ada matinya. Selain itu, motif floral juga akan tetap stylish saat dipakai sendiri atau pun untuk dipadupadankan.

Jane Singer, yang merupakan Managing Director of Inside Fashion Hong Kong mengatakan, bahwa motif floral akan semakin marak dijumpai dalam berbagai macam busana di tahun 2021 mendatang.

"Motif bunga dan tanaman akan menjadi tren dengan fokusnya lebih ke arah yang feminin. Kemudian juga akan banyak warna dan mungkin ada sedikit pengaruh nuansa oriental."

Demikian penuturannya dalam seminar online bersama dengan Cotton Council International (CCI) Indonesia melalui aplikasi Zoom, Selasa (15/12/2020).

Floral memang menjadi salah satu motif yang paling banyak digemari setiap usia dan selalu nampak segar untuk dikenakan, khususnya pada acara-acara yang santai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Motif Bunga-Bunga Ala Conor McGregor

Nah, menurut dia, dalam proses pembuatan motif floral ini tidak boleh menggunakan kain yang sembarangan. Sebab, jika bahan kain yang dipakai tidak baik, maka hasilnya pun mudah luntur.

"Membuat polanya harus menggunakan kain katun yang halus dan berkualitas tinggi agar pewarnaanya lebih detil dan cetakannya tahan lama," jelasnya.

Petarung UFC Conor McGregor dengan celana motif bungainstagram Petarung UFC Conor McGregor dengan celana motif bunga
Meski motif floral terlihat sangat tradisional, namun motif ini dapat menjadi tren di kalangan anak-anak muda jika diberikan pewarnaan yang lebih cerah.

Selain pewarnaan, kita juga harus memerhatikan kualitas katun yang kerap kali dijadikan sebagai material untuk membuat pakaian bermotif floral.

"Bahan katunnya harus yang berasal dari kapas berkualitas tinggi supaya tidak iritasi di kulit dan perawatannya juga mudah," imbuhnya.

Tak hanya motif floral, Singer menambahkan, kalau blouse putih nampaknya akan menjadi outfit favorit yang bisa mix and match. Misalnya, dengan menggunakan outer bunga-bunga.

Tapi, untuk blouse putih perawatannya perlu lebih ekstra diperhatikan karena cenderung mudah kusut, kotor, dan berubah warna.

Baca juga: Justin Bieber Tampil Lebih Lembut Dengan Motif Floral

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.