Kompas.com - 21/12/2020, 13:02 WIB
Shaine Soni Courtesy Shaine SoniShaine Soni

KOMPAS.com - India kini memiliki Miss Transqueen baru, yang akan dikirim ke ajang internasional, sambil berupaya berbicara untuk komunitas transgender yang terpinggirkan di negara itu.

Pemegang gelar tersebut adalah seorang perancang busana, Shaine Soni yang resmi digelari sebagai Miss Transqueen India, pada Sabtu pekan lalu.

Penobatan tersebut sekaligus memastikan Soni bakal mewakili India di ajang Miss International Queen tahun depan, -sebuah kontes wanita transgender terbesar di dunia.

Baca juga: Pertama Kalinya, Seorang Transgender Terpilih Jadi Anggota Senat di AS

Ajang Miss Transqueen India pertama kali digelar pada tahun 2017, dengan menerapkan tahap-tahap kontes kecantikan tradisional.

Di dalam ajang itu ada sesi pemotretan, unjuk bakat, kostum, penjurian, dengan sekian banyak penonton saat puncak acara. 

Sayangnya tahun ini penyelenggara tak bisa digelar seperti masa sebelumnya, karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Namun Reena Rai, Ketua dan Pendiri ajang Miss Transqueen India, tidak mau menyerah.

Dia bertekad untuk mengirimkan kontestan untuk mewakili India pada kontes internasional 2021.

Baca juga: Valentina Sampaio, Model Swimsuit Transgender di Sports Illustrated

"Kontes saya bukan hanya tentang kecantikan, ini tentang pemberdayaan dan inklusi,” ujar Rai.

“Jika saya akan mengirim seseorang tanpa mengadakan kompetisi, maka saya harus memastikan bahwa dia adalah kandidat yang sangat kuat."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X