Kompas.com - 22/12/2020, 15:28 WIB
. REPRO BIDIK LAYAR VIA TWITTER @bottlesmoker .

KOMPAS.com – Berawal dari rasa bosan kala berdiam di rumah selama pandemi Covid-19, mendorong dua musisi Bottlesmoker, Anggung Suherman dan Ryan Adzani untuk bereksperimen.

Keduanya iseng mencari tahu apakah tanaman bisa mengeluarkan nada. Mereka lalu bereksperimen dengan tanaman Hanjuang.

Mereka memasang alat yang biasanya ditempelkan ke jantung manusia. “Hasilnya, bikin merinding," kata Anggung.

Baca juga: Ternyata Bunyi-bunyian Pengaruhi Pertumbuhan Tanaman, Sudah Tahu?

"Enggak percaya, (suara itu) dibunyikan sendiri oleh tanaman,” sambung Anggung saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (21/12/2020).

Dua musisi Bottlesmoker dalam Konser Plantasia. Dalam konser itu, Bottlesmoker menjadikan tanaman sebagai penontonnya. Dok BOTTLESMOKER Dua musisi Bottlesmoker dalam Konser Plantasia. Dalam konser itu, Bottlesmoker menjadikan tanaman sebagai penontonnya.

Suara yang dihasilkan repetitif, ada banyak pengulangan. Nadanya ada yang absurd, blue note jazz yang tidak jelas, sehingga sulit dimainkan manusia.

Namun, ada juga nada yang harmonis. “Kesimpulan sederhananya, karakter musikalitasnya jika dipadankan dengan manusia, seperti musik meditasi.”

Begitu penjelasan dari pria yang akrab disapa Angkuy.

Uniknya, setiap tanaman mengeluarkan suara yang berbeda. Seperti suara yang dihasilkan kalatea dan sirih gading, berbeda dengan hanjuang.

Selain bereksperimen, mereka berdua membaca sejumlah riset. Rupanya nada itu berhubungan erat dengan uap air, udara, kelembapan, dan lain-lain.

Baca juga: Tips Feng Shui, Jangan Taruh Tanaman di Kamar Tidur

Angkuy mengatakan, ketika menyerap air, tanaman mengeluarkan banyak energi, baik itu air, uap, udara, sehingga menghasilkan gelombang elektrik, karena tumbuhan adalah makhluk hidup.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X