Kompas.com - 11/01/2021, 08:03 WIB
Ilustrasi membuat roti cinnamon roll. SHUTTERSTOCK/RIMMA BONDARENKOIlustrasi membuat roti cinnamon roll.

KOMPAS.com— Memasuki tahun 2021, tak ada salahnya untuk mencoba menekuni hobi baru. Terlebih, pandemi masih belum akan berakhir dalam waktu dekat dan akan membuat kita lebih banyak di rumah.

Berikut adalah tiga hobi yang bisa dilakukan di tahun yang baru dan bisa kita tingkatkan levelnya untuk menjadi tambahan penghasilan.

1. Membuat kue

Membuat kue atau baking menjadi hobi baru yang banyak ditekuni di tahun 2020. Namun, tahun ini, hobi membuat kue juga diramalkan masih akan ramai dilakukan orang.

Sama seperti memasak, baking adalah ekspresi kreativitas seseorang dan bahkan karakter berdasarkan hidangan yang dipilih.

Jika selama ini kita hanya mengikuti resep di internet, mungkin tahun ini keahlian itu bisa ditingkatkan dengan mengikuti kursus untuk mempelajari teknik yang lebih sulit.  

Baca juga: Bedanya Baking Powder dengan Baking Soda, Bekal Sebelum Bikin Kue

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Berkebun

Hobi lain yang juga menarik perhatian adalah berkebun. Tak perlu hal mewah untuk memulai berkebun, kamu hanya membutuhkan pot dan tanah, serta benih atau bibit yang ingin ditanam.

Menanam sendiri makanan kita juga bisa menjadi hiasan yang bisa diletakkan dalam rumah. Kita juga bisa mulai lebih serius merawat tanaman hias, tidak hanya menggantinya dengan yang baru jika yang lama mati.

Berkomitmen pada hobi ini memikul tanggung jawab untuk memelihara kehidupan.

Baca juga: Cara Merawat Calathea Velvet, Tanaman Hias yang Bakal Populer

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber UNB
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.