Kompas.com - 14/01/2021, 11:47 WIB
Ilustrasi pernikahan. PIXABAY/ Nihan Güzel Da?tanIlustrasi pernikahan.

KOMPAS.com - Komedian Arie Kriting resmi menikahi pujaan hatinya, Indah Permatasari pada Selasa (12/1/2021) lalu.

Namun kebahagiaan itu sedikit terusik karena pernikahan tersebut tidak mendapatkan restu dari orangtua Indah Permatasari.

Arie Kriting dan Indah Permatasari memang bukan satu-satunya pasangan yang menikah tanpa restu orangtua. Banyak juga pasangan yang tetap menikah walau tidak mendapat restu orangtua.

Alfath Hanifah Megawati, M.Psi mengungkapkan, tidak adanya restu orangtua dapat mendatangkan masalah di kemudian hari dalam pernikahan.

Terlebih di budaya Indonesia yang ketimuran dan beragama, keluarga merupakan hal penting.

Baca juga: Menikah Tanpa Restu Orangtua, Perhatikan 3 Hal Ini

Menurut psikolog yang akrab disapa Ega itu, ada beberapa masalah yang bisa dihadapi pasangan. Pertama, stigma bukan anak berbakti kepada orangtua dari orang-orang sekitar.

"Pasangan tidak bisa menghindari stigma ini karena secara kultur di Indonesia, keluarga menjadi komponen yang penting," kata Ega kepada Kompas.com, Kamis (14/1/2021).

Masalah selanjutnya adalah tekanan dalam hidup. Sebab tidak adanya restu akan diikuti dengan hubungan yang tidak sehat antara orangtua dengan anak.

Hal ini menjadi beban khususnya pada pihak yang orangtuanya tidak merestui. Saat tekanan tersebut datang terus-menerus dan menumpuk, maka berdampak bagi kestabilan emosi diri.

Masalah ketiga adalah kehilangan satu support system untuk belajar berumah tangga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X