Kompas.com - 19/01/2021, 10:13 WIB
 Orangtua memiliki peran penting dalam membimbing anak belajar dari rumah. (DOK. iSTOCKPHOTO) Orangtua memiliki peran penting dalam membimbing anak belajar dari rumah.

KOMPAS.com - Setiap orangtua tentu bangga apabila anaknya memiliki prestasi di bidang akademik. Tak heran jika orangtua langsung cemas jika prestasi anaknya menurun.

Padahal, prestasi akademik bukanlah segalanya. Bisa saja anak mengalami penurunan nilai akademis karena sedang menghadapi masalah. 

Alih-alih marah karena nilai akademik anak turun, lebih baik orangtua mencari tahu penyebabnya. Tak selalu nilai menurun karena anak malas. Jika anak menghadapi masalah, maka sudah sepantasnya orangtua hadir dan ikut memberi solusi.

Berikut delapan alasan utama prestasi anak menurun seperti yang diungkap dalam situs Moms.

Baca juga: Kecerdasan Emosi Pengaruhi Prestasi Akademik Anak di Sekolah

1. Gangguan dalam rutinitas

Sesuatu yang mengganggu rutinitas anak akan membuatnya berjuang untuk memahami pelajaran dengan kuat. Ini berdampak pada kemajuan akademis anak.

Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini yang membuat anak harus sekolah dari rumah. Adanya gangguan di rumah bisa membuat anak tidak konsentrasi. Misalnya gangguan dari kakak atau adik, rumah terlalu lamai, atau anak lebih memilih bermain gadget daripada mengerjakan tugas.

Ketidakhadiran dalam proses belajar juga bisa membuat prestasi anak menurun. Hal ini dikarenakan beban kerja anak menjadi dua kali lipat.

Anak bukan hanya mencoba mempelajari pelajaran baru di hari ini. Tetapi juga harus mengejar pelajaran hari sebelumnya.

Secara alami, hal itu membuat anak kewalahan dan kehilangan momentum untuk mencoba pelajaran tersebut.

Baca juga: Memberi Hadiah untuk Memotivasi Anak, Pentingkah?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X