Perlu Tahu, Manfaat Bawang untuk Mereka yang Berolahraga

Kompas.com - 20/01/2021, 10:29 WIB
Ilustrasi bawang merah. SHUTTERSTOCK/NILASITOIlustrasi bawang merah.

KOMPAS.com - Coba perhatikan. Setiap kali kita berbelanja sayuran, sering kali bawang merupakan salah satu bumbu masak wajib yang selalu kita beli.

Memasukkan sedikit bawang dalam keranjang belanjaan tentu bukan sebuah hal yang istimewa dalam keseharian kita.

Namun demikian, benarkan kita sudah sungguh memahami manfaat bawang bagi kesehatan? Atau ternyata kita hanya menggunakannya tak lebih sebagai bumbu masak saja?

Baca juga: Tips Memotong Bawang agar Mata Tak Menangis

Terkait dengan topik ini, ahli diet yang berbasis di Moore dan New York City, Amerika Serikat,  Natalie Rizzo mengupas lebih dalam tentang manfaat bawang bagi kesehatan.

Apa manfaat bawang bagi kesehatan?

Berkat keberadaan fitokimia tertentu (bahan kimia tumbuhan yang berkontribusi pada warna, rasa, dan aroma), termasuk disulfida dan trisulfida, bawang dapat membantu menangkal beragam penyakit kronis.

Mulai dari ancaman penyakit jantung dan sejumlah kanker tertentu, selain juga sebagai bagian dari diet sehat yang seimbang.

Senada dengan pendapat ini, pakar kuliner dan diet terintegrasi Marisa Moore, juga menyebut, bawang bahkan mengandung banyak serat.

Bawang juga mengandung vitamin C, dan folat, selain antara nutrisi lain, yang bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kinerja tubuh.

Baca juga: Khasiat Ajaib Sampo Bawang untuk Rambut Rontok, dan Cara Membuatnya

Bagaimana pelari mendapat manfaat tambahan dari bawang?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X