Kompas.com - 21/01/2021, 20:04 WIB
Ilustrasi Shutterstock/denniroIlustrasi

KOMPAS.com - Banyak orang yang ingin kulitnya terlihat mulus seperti kulit bayi. Padahal, kulit bayi juga tak luput dari sejumlah masalah.

Menurut dr Armansjah Dara Sjahruddin, SpKK, masalah kulit yang sering terjadi pada bayi antara lain ruam popok, dermatitis atopik, dan dermatitis seboroik.

Bayi juga bisa mengalami pioderma atau kulit bernanah, keratosis piliaris (kulit kasar seperti kulit ayam), dan skabies (kudis).

Salah satu alasan yang membuat bayi bisa mengalami peradangan kulit karena kondisi kulitnya yang berbeda dengan orang dewasa.

Baca juga: Mengatasi Intertrigo atau Kemerahan pada Lipatan Kulit Bayi

Kulit bayi lebih tipis sehingga lebih mudah mengeluarkan penguapan cairan dalam tubuh. Selain itu, kulit bayi juga belum tumbuh dengan sempurna.

Dampaknya, fungsi kulit sebagai pertahanan atau pelindung tubuh dari suhu udara dan benda-benda yang menyentuhnya belum optimal.

"Dengan begitu kecenderungan terjadinya iritasi dan kulit sensitif pada bayi lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa," kata dermatolog yang akrab disapa Dara itu.

Rangkaian produk baby care dari Momami.Sumber : Momami Rangkaian produk baby care dari Momami.

Produk perawatan

Dalam acara Momami Baby Care Virtual Launch, Kamis (21/1/2020), Dara mengungkapkan, masalah kulit pada bayi dapat diatasi dengan cara menjaga kebersihan dan memberikan produk yang tepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X