Kompas.com - 15/02/2021, 06:54 WIB
Ilustrasi teh dari bunga echinacea Ilustrasi teh dari bunga echinacea

KOMPAS.com - Program vaksinasi Covid-19 sudah mulai dilakukan secara bertahap di berbagai wilayah Tanah Air sebagai upaya menanggulangi pandemi.

Kendati sudah menerima vaksin, bukan berarti masyarakat bisa mengabaikan protokol kesehatan. Terlebih hingga saat ini angka kasus Covid-19 terus bertambah.

Masyarakat tetap harus menjalankan gerakan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Selain itu, penting juga bagi masyarakat untuk terus meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi virus SARS-CoV-2.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas. Contohnya istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bernutrisi, dan olahraga teratur.

Baca juga: 7 Cara Sederhana Dongkrak Imunitas Tubuh di Rumah, Mau Tahu?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila diperlukan, bisa juga mengonsumsi suplemen dan obat berbahan alami atau herbal. Namun sebelum mengonsumsinya, masyarakat perlu berhati-hati.

Berdasarkan pedoman Badan POM, obat tradisional berbahan herbal dinyatakan berkhasiat dan efektif meningkatkan imunitas apabila sudah melalui penelitian ilmiah seperti uji klinis.

Salah satu bahan herbal telah teruji klinis dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah Echinacea purpurea.

Menurut Prof. Dr. dr Iris Rengganis, SpPD-KAI, bahan herbal tersebut berperan sebagai imunomodulator yang artinya dapat mengatur kerja sistem imun tubuh.

"Dari mekanisme kerjanya, Echinacea purpurea dapat digunakan untuk percegahan penyakit infeksi. Termasuk infeksi pada saluran pernafasan atas dan bawah."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.