Kompas.com - 19/01/2021, 12:32 WIB
Olahraga di rumah menjadi salah satu aktivitas banyak orang saat pandemi. (Sumber: SHUTTERSTOCK) Olahraga di rumah menjadi salah satu aktivitas banyak orang saat pandemi.

KOMPAS.com - Olahraga baik untuk kesehatan kita. Siapa pun tak bisa membantah pemahaman itu, bukan?

Namun, lebih dalam dari itu, para peneliti mengungkap fakta spesifik yang lebih dalam mengenai pentingnya kebugaran.

Disebutkan, di tengah era pandemi seperti sekarang ini, kebugaran kardiovaskular merupakan hal amat penting untuk bisa selamat dalam serangan infeksi Covid-19

Baca juga: Apa Rutinitas Kebugaran Kate dan Meghan Selama Pandemi Covid-19?

Ya, hasil penelitian terbaru di Rumah Sakit Henry Ford, Detroit, Michigan, Amerika Serikat mengungkap, orang dengan kebugaran kardiovaskular yang lebih baik lebih kecil kemungkinannya dirawat di rumah sakit karena Covid-19.

Studi ini mengamati 246 pasien yang telah menjalani tes latihan jantung yang dikenal sebagai "tes stres".

Kemudian, riset ini tetap berhubungan dengan pasien tersebut untuk melihat mana yang kemudian didiagnosis dengan Covid-19 dan dirawat di rumah sakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti lalu menemukan, pasien yang memiliki kapasitas latihan yang lebih baik selama tes, cenderung tidak dirawat di rumah sakit karena Covid-19.

Baca juga: Tips Hidup Lebih Sehat dari Guru Kebugaran Selebritas

Temuan ini menunjukkan, orang dapat mengurangi peluang mereka untuk sakit parah akibat Covid-19 dengan meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

Nah, berikut ini adalah lima langkah yang dapat kita ambil untuk meningkatkan kebugaran dan meningkatkan peluang  terhindar dari keparahan akibat Covid-19. 

Kelima langkah tersebut diuraikan oleh Nicholas Nissen, M.D., rekanan klinis dan dokter residen di Harvard Medical School, serta dokter Unit Medis ABC News, seperti dilansir laman Good Morning America.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.