Kompas.com - 25/02/2021, 10:58 WIB
ilustrasi bedah plastik DragonImagesilustrasi bedah plastik

BANDUNG, KOMPAS.com - Meningkatkan penampilan secara instan dan permanen seperti bedah plastik, semakin diminati masyarakat Indonesia.

Mereka bahkan rela ke Jakarta ataupun luar negeri untuk membuat wajah dan area tubuh mereka sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan.

Umumnya hasil maksimal bisa didapatkan bila seeorang memilih tampilan yang natural, ideal dan proporsi yang tepat, bukan berlebihan.

Soal makin banyaknya peminat bedah plastik ini diungkapkan Founder The Clinic Beautylosophy yang juga spesialis bedah plastik, Danu Mahandaru.

"Pasien kami datang dari berbagai daerah. Peminat bedah plastik semakin tinggi," ujar Danu  saat dihubungi Rabu (24/2/2021).

Danu mengatakan, sebelum melakukan bedah plastik, pihaknya akan memeriksa kondisi kesehatan pasien. Selain itu, ada konsultasi dan edukasi sebelum bedah plastik dilakukan.

Baca juga: Pandemi, Klinik Kecantikan Justru Kebanjiran Pasien Operasi Plastik

Sementara dokter spesialis bedah plastik The Clinic Beautylosophy, Ade Sari Nauli S menambahkan, ada tiga hal yang harus diketahui calon pasien yang ingin melakukan tindakan bedah plastik. Yakni:

1. Sehat

Secara umum, pasien harus sehat fisik dan kejiwaan. Hal ini sangat penting, karenanya sebelum menjalankan tindakan bedah plastik, kondisi kesehatan pasien diperiksa.

2. Sesuai kebutuhan dan keinginan

Sebelum datang ke dokter bedah plastik, ada baiknya calon pasien memastikan operasi bedah plastik apa yang diingin dan dibutuhkan.

3. Memilih dokter

Bagi yang ingin menjalankan operasi plastik, sebaiknya sudah memastikan dokter yang akan melakukan tindakan.

"Harus sudah yakim memilih dokter," tutup Ade.

Baca juga: Tren Operasi Plastik untuk Terlihat Sempurna di Media Sosial



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X